Upacara Hari Lahir Pancasila di Setda Kabupaten Pati, Peserta Meluber Hingga Luar Pagar

Bupati Pati Haryanto menjadi inspektur upacara dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di halaman Setda Kabupaten Pati.

Upacara Hari Lahir Pancasila di Setda Kabupaten Pati, Peserta Meluber Hingga Luar Pagar
Ist/Humas Setda Kabupaten Pati
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Sabtu (1/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto menjadi inspektur upacara dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di halaman Setda Kabupaten Pati, Sabtu (1/6/2019).

Upacara tersebut diikuti oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Suharyono, jajarn Forkopimda, dan peserta upacara dari kalangan ASN serta anggota Ormas Pemuda Pancasila.

Kendati tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional serta memasuki waktu cuti bersama Idul Fitri, namun tak menyurutkan semangat para peserta upacara.

Mereka memadati halaman Setda Pati, hingga meluber ke luar pagar kantor.

Bahkan terlihat puluhan ASN di luar Pemkab Pati yang turut bergabung, mengingat upacara ini wajib diikuti oleh seluruh ASN meskipun mereka tengah berada di kampung halaman dan tidak bisa mengikuti upacara di daerah tempat mereka berdinas.

Mudik ke Pati? Tiga Kuliner Legendaris Ini Wajib Kamu Nikmati

Selaku Inspektur Upacara, Bupati membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan satu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

"Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi indentitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka tunggal ika," ujarnya.

Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni merupakan satu keniscayaan untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah, di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga nusantara yang beragam dapat bersatu sebagai satu bangsa.

"Dengan merayakan hari lahir Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati menyempatkan diri berfoto dengan para peserta upacara.

Demikian pula dengan ASN dari luar Pati, memanfaatkan momen ini untuk berfoto bersama Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Pati. (Mazka Hauzan Naufal)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved