Jumlah Penumpang Kereta Api Lebaran 2019 Naik Hingga 9 Persen, Diprediksi Ramai Hingga Hari H

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang mencatatkan adanya peningkatan jumlah penumpang kereta pada mudik Lebaran 2019.

Jumlah Penumpang Kereta Api Lebaran 2019 Naik Hingga 9 Persen, Diprediksi Ramai Hingga Hari H
IST
Belum Ada Kenaikan Jumlah Penumpang, Polisi Tetap Ketatkan Pengamanan di Stasiun Kereta Api Cepu 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang mencatatkan adanya peningkatan jumlah penumpang kereta pada mudik Lebaran 2019.

Hal tersebut disampaikan Eksekutif Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso.

Menurutnya, dari perkiraan arus mudik dimulai pada h-10 hingga h-3, pihaknya mencatat terdapat peningkatan jumlah penumpang kereta hingga 9 persen.

Angka tersebut lebih besar dari prediksi sebelumnya yang diperkirakan naik di angka 4 persen.

"Berdasarkan survei dan riset kami, animo masyarakat Bandung dan Semarang sangat tinggi. Terbukti dari okupansi reguler di atas 100 persen. Estimasi kenaikan awal sebesar 4 persen, tetapi sekarang mencapai 9 persen. Semua hampir full," jelas Huda, Minggu (2/6/2019) di Resto Hotel Haris Jalan Ki Mangunsarkoro Kota Semarang.

Dirikan Posko Mudik Lebaran, Dinas Perhubungan Kota Semarang Gandeng Go-Massage

Lebih lanjut, pihaknya menduga adanya kenaikan penumpang dipengaruhi beberapa faktor, seperti halnya tingginya tiket peswat dan dalam suasana libur anak sekolah.

Adapun puncak arus mudik penumpang kereta api yang sebelumnya diprediksi pada H-6 nampaknya bergeser pada H-4 lebaran.

Hal tersebut berdasarkan data penumpang pada H-4 mencapai 26.461 penumpang. Sedangkan pada h-6 yang sebelumnya diprediksi menjadi titik puncak mudik hanya mencatatkan 25.368 penumpang.

Pada H-3 sendiri hingga pukul 15.00 WIB berhasil mencatat sejumlah 25.181 penumpang.

"Kami prediksi kemarin H-4 menjadi puncaknya. Namun melihat data penumpang hari ini saja pukul 3 sore sudah mencapai angka 25 ribu. Bisa jadi hingga pukul 00.00 nanti bisa melampau dan bisa juga di bawah h-4," ujar Huda.

"Sehingga dapat dikatakan ada kenaikan hingha 9 persen dibandingkan dengan momen yang sama di tahun 2018," lanjutnya.

Orang nomer satu di KAI Daop 4 Semarang tersebut memprediksi hal yang tidak jauh berbeda akan terjadi pada masa arus balik nanti, khususnya dalam hal jumlah penumpang.

Ia juga menjelaskan dari 8 armada yang disediakan baik 4 eksekutif dan 4 bisnis dwngan kapasitas 456 perarmada akan beroprasi pada arus balik mendatang.

"Untuk arus balik bisa memcapai h2+4 nantinya. Dengan pencatatan ketepatan keberangkatan di angka 0 menit persen dan kedatangan rata-rata 3 menit.

"Sejauh ini masih lancar. Nantinya kalau animonya konsisten (hingga alhir masa lebaran) kami usahakan penambahan armada menjadi reguler," pungkas Huda. (sam)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved