Hari Lahir Pancasila

Peringati Hari Lahir Pancasila, Imung Senang Bisa Mudik Sambil Ikut Upacara

Memperingati hari kelahiran Pancasila, Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen lakukan upacara di Alun-alun Sasono Langen Putro, Sabtu (1/6/2019).

Peringati Hari Lahir Pancasila, Imung Senang Bisa Mudik Sambil Ikut Upacara
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Upacara peringatan hari kelahiran Pancasila di Alun-alun Sasono Langen Putro 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN - Memperingati hari kelahiran Pancasila, Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen lakukan upacara di Alun-alun Sasono Langen Putro, Sabtu (1/6/2019).

Upacara ini dihadiri ribuan peserta, mulai dari perwakilan SMA sederajat, TNI-Polri, ASN, Bhayangkari dan beberapa tamu undangan.

Menariknya, ada beberapa ASN yang bertugas di luar Kabupaten Sragen mengikuti upacara peringatan hari kelahiran Pancasila ini di Alun-alun.

Imung Arta Gumeidhidta, salah satunya. Dirinya merupakan warga Karang Asem RT 02, Kelurahan Karang Tengah, Sragen, Kabupaten Sragen. 

Dirinya bekerja di Kantor Pertanahan (Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Malinau Kalimantan Utara.

"Pada awalnya kebijakan pemerintah yang mewajibkan ASN untuk mengikuti upacara Harlah pancasila 1 juni 2019 di satuan kerja masing-masing di masa mudik memang memberatkan," ujar dia.

Namun dengan adanya kebijakan baru lanjut dia yang mengijinkan ASN kementerian, lembaga lain, maupun Pemda bisa mengikuti upacara di Pemda atau di lembaga lain dimana ASN mudik.

Menurutnya, ini sangat mempermudah ASN untuk tetap menjalankan kewajiban sebagai seorang ASN dan  perantau.

Kebijakan yg cukup luwes ini menjadi hal baru dan berdampak baik serta mendapat apresiasi dari ASN perantau yang saat lebaran seperti ini ingin berkumpul dengan keluarga dan tetap bisa menjalankan tugas mengikuti upacara di luar instansinya.

Dirinya juga mengatakan hal tersebut menjadi wujud nyata dari fungsi ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Halaman
12
Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved