Momen Salaman Langka Megawati-SBY dalam Pemakaman Ani Yudhoyono

Presiden Ke-6 Indonesia, Megawati Soekarnoputri melayat, dan menyalami SBY. Berjumpa dan salaman, merupakan kesempatan langka bagi keduanya

Momen Salaman Langka Megawati-SBY dalam Pemakaman Ani Yudhoyono
TRIBUNNEWS/FRANSISKUS ADHIYUDA
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang yudhoyono tampak berbincang dengan Megawati. Mega terlihat menyampaikan rasa duka atas meninggalnya Ani Yudhoyono. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Ada momentum yang jarang terlihat, pada pengebumian jenazah Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono, istri Presiden Ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6).

Presiden Ke-6 Indonesia, Megawati Soekarnoputri melayat, dan menyalami SBY. Berjumpa dan salaman, merupakan kesempatan langka bagi keduanya, setelah 'pecah kongsi' dan bersaing pada Pemilihan Presiden tahun 2004.

Megawati Soekarnoputri hadiri acara pemakaman Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Minggu (2/6).

Megawati datang jalan berdampingan dengan Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie. Megawati mengenakan pakaian serba hitam dengan bros berbentuk bintang di bagian dada. Dibalut dengan selendang warna dasar abu-abu dan ungu.

Para pelayat tiba lebih dahulu. Kemudian, rombongan keluarga SBY mengusung jenazah Ani Yudhoyono dari Puri Cikeas, dan tiba di TMP Kalibata, sekitar pukul 14.32 WIB. Bersama para prajurit TNI yang membawa peti jenazah Ani Yudhoyono, dengan dibalut dengan bendera merah putih. Kedatangan jenazah Ani diiringi Presiden Jokowi.

Pantauan Tribunnews, SBY yang tampak mengenakan stelan jas lengkap tampak menggandeng kedua cucunya, Almira Tunggadewi Yudhoyono dan Airlangga Satriadhi Yudhoyono.

Usai menggandeng kedua cucuknya, SBY tampak menyalami satu per satu pelayat yang hadir di bangku yang telah disediakan.

Momen istimewa terjadi saat Megawati bertemu dengan SBY di bawah tenda merah-putih, dekat makam Ani Yudhoyono. Megawati melempar senyum lalu membisikkan sesuatu kepada SBY yang matanya terlihat sembab. Terdengar samar-samar, SBY mengucapkan terima kasih kepada Megawati. "Terima kasih, bu," ucap SBY.

SBY awalnya menyalami Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, istri Presiden RI-4 Abdurahman Wahid, Shinta Nuriyah Wahid Wakil Presiden Try Soetrisno, Wakil Presiden Boediono serta Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Kemudian saat proses pemakaman, Megawati duduk sebaris dengan SBY. Megawati duduk di sebelah kanan Iriana, sementara SBY di sebelah kiri Iriana. Ani Yudhoyono dimakamkan di blok M129 TMP Kalibata, atau berdekatan dengan makam Ainun Habibie, istri Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie.

Halaman
1234
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved