Satu Napi Lapas Brebes Diperkirakan Bakal Bebas Saat Idulfitri, Jika Disetujui Kementerian

Satu napi di antaranya diperkirakan akan langsung bebas jika usulan remisi disetujui Kemenkumham melalui Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

Satu Napi Lapas Brebes Diperkirakan Bakal Bebas Saat Idulfitri, Jika Disetujui Kementerian
ISTIMEWA
Petugas Lapas Kelas IIB Brebes menyerahkan bingkisan perlengkapan ibadah kepada para warga binaan di lapas tersebut, Senin (6/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Brebes telah mengusulkan 191 narapidana (napi) dari total 314 napi yang saat ini masih menjalani pidananya, untuk mendapatkan pengurangan masa hukuman (remisi) pada Hari Raya Idulfitri 2019.

Dari jumlah itu, satu napi di antaranya diperkirakan akan langsung bebas jika usulan remisi disetujui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

"Kami usulkan 191 napi untuk dapat remisi Idulfitri 2019. Kalau remisi disetujui sesuai usulan, ada satu napi yang langsung bebas pada hari raya," kata Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Maliki, Senin (3/6/2019).

Maliki mengungkapkan, napi yang diperkirakan langsung bebas tersebut merupakan napi kasus pidana umum yaitu penggelapan.

Berdasarkan pidana yang dijalani, napi tersebut tercatat akan bebas pada periode Juli-Agustus 2019.

Dengan sisa pidana yang hanya sekitar 2 bulan lamanya itu, bisa dipastikan napi yang bersangkutan akan bebas tepat hari H Lebaran, Rabu (5/6/2019).

Dengan catatan, napi tersebut mendapat pengurangan masa hukuman atau remisi dua bulan.

"Berdasarkan aturan, remisi yang diberikan itu maksimal 2 bulan dan minimal 15 hari. Jika napi itu masa hukumannya pendek dan sudah menjalani beberapa bulan, sangat dimungkinkan bisa langsung bebas," jelasnya.

Maliki menegaskan, jumlah tersebut masih sebatas usulan.

Mengenai pemberian remisi nantinya menunggu keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) yang akan dibacakan dan diberikan pada Hari Raya Idulfitri.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved