Konsumsi BBM SPBU di Purwokerto Naik 20%

Tingkat konsumsi BBM di Purwokerto sudah mengalami kenaikan sejak dua minggu menjelang Lebaran.

Konsumsi BBM SPBU di Purwokerto Naik 20%
TRIBUNJATENG/PERMATA PUTRA SEJATI
Suasana antrean kendaraan akibat adanya kenaikan konsumsi bahan bakar di SPBU Ovis, Purwokerto, Selasa (04/06/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng/Permata Putra Sejati

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Kenaikan konsumsi BBM pada masa Lebaran tidak hanya dialami SPBU di jalur mudik. SPBU yang berada di dalam kota seperti Purwokerto juga mengalami kenaikan penjualan hingga 20 persen.

Direktur SPBU Jalan Overste Isdiman (Ovis) Purwokerto, Bambang Eko Suratmoko mengatakan, tingkat konsumsi BBM sudah mengalami kenaikan sejak dua minggu menjelang Lebaran.

"Kenaikannya pada kisaran 10-20 persen. Mulai dua minggu sebelum Lebaran, dan biasanya sampai dua minggu pasca-Lebaran, bahkan bisa lebih lama lagi, tergantung pada lamanya warga Purwokerto mudik," ujarnya, kepada Tribunjateng.com, Selasa (04/06/2019).

Menurut dia, kondisi itu masih ditambah dengan banyaknya kendaraan luar daerah yang berwisata ke Baturaden, sehingga mengakibatkan arus kendaran masuk di dalam kota menjadi padat.

Eko menuturkan, kondisi itu masih stabil, sebab pada saat sebagian warga Purwokerto mudik meninggalkan Banyumas, pada saat bersamaan banyak warga yang berdatangan dari luar kota.

Bahkan, jumlah warga yang datang, kemungkinan lebih banyak dari yang meninggalkan Purwokerto. Sehingga konsumsi BBM tetap stabil, dengan peningkatan yang masih dapat dikontrol.

"Pada saat Lebaran Purwokerto ini hanya sepi sesaat. Pada sore hari Lebaran sudah ramai lagi, dan tetap macet, karena banyaknya kendaraan luar kota yang masuk ke sini," ujar Wakil Ketua DPD Golkar Jateng itu.

Terkait dengan stok BBM, Eko menyatakan, sejauh ini masih aman dan lancar. Pasokan total produk yang masuk ke SPBU Ovis hingga kini mencapai 30 ton. Saat arus mudik mulai padat, jalur distribusi sedikit terhambat kemacetan di jalur Rawalo-Purwokerto, tetapi masih aman dan bisa disalurkan.

SPBU yang berlokasi di Jalan Overste Isdiman, Purwokerto ini siap melayani masyarakat selama 24 jam, termasuk pada hari Lebaran. Meski Purwokerto dipadati kendaraan dari luar kota, stok BBM tetap tersedia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, SPBU yang berada di pusat kota ini selalu ramai dengan antrean yang cukup panjang. (*)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: Vito
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved