Arus Mudik Lebaran 2019

Penumpang Arus Mudik di Terminal Penggaron Semarang Hanya Naik 10 Persen

Koordinator Terminal Penggaron, Kota Semarang, Mardi Haryanto, memastikan tak ada penumpang bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di terminal itu.

Penumpang Arus Mudik di Terminal Penggaron Semarang Hanya Naik 10 Persen
TRIBUN JATENG/IDAYATUL ROHMAH
Suasana Terminal Penggaron saat arus mudik H-1 Lebaran, Selasa (4/6). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Koordinator Terminal Penggaron, Kota Semarang, Mardi Haryanto, memastikan tak ada penumpang bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di terminal tersebut yang telantar.

Mardi mengklaim, seluruh armada AKDP telah pindah dari eks-Terminal Terboyo ke Terminal Penggaron. Hal itu berlangsung sejak Sabtu (1/5/2019).

"AKDP sudah masuk ke sini (Terminal Penggaron) semua. Kemarin, mereka sempat ke Terboyo. Kemudian, mandor-mandor di sini meminta supaya AKDP yang masih mangkal di Terboyo ke sini semua. Alhamdulillah, bisa ke sini semua sejak 1 Juni kemarin," jelasnya saat ditemui Tribun Jateng.com, Selasa (4/6/2019).

Kendati bus AKDP sudah berpindah ke Terminal Penggaron sejak H-4 Lebaran namun Mardi mengakui, peningkatan penumpang di terminal tersebut tak begitu tinggi.

Peningkatan hanya terjadi sekira 10 persen untuk musim mudik seperti sekarang ini.

"Penumpang hari ini meningkat sekira 10 persen. Hanya, kami belum mengeluarkan bus cadangan karena ini saja sudah cukup," tambahnya.

Dia menduga, peningkatan yang tak begitu banyak dipicu masih adanya bus yang beroperasi di kawasan bekas Terminal Terboyo. Biasanya, mereka mangkal seusai dari Terminal Penggaron.

"Sebenarnya tidak boleh. Bus jurusan Solo banyak yang menurunkan penumpang di sana (eks-terminal Terboyo) sehingga (bus) dari Jepara juga ikutan ke sana. Jepara itu nunggu penumpang-penumpang dari Solo di situ," lanjutnya.

Sementara, bus AKDP jurusan Semarang-Purwodadi memang tidak banyak memiliki penumpang. Dia menduga, minimnya penumpang rute ini karena banyak yang memilih mengendarai kendaraan pribadi.

"Kebanyakan, yang di sini, justru orang-orang luar kota. Jurusan Purwodadi tidak begitu banyak karena banyak yang pakai sepeda motor," jelasnya.

Untuk menindaklanjuti bus AKDP yang masih nekat mangkal di bekas Terminal Terboyo, Mardi mengaku telah bekerjasama dengan Polsek setempat. Mereka menindak tegas oknum kru yang melanggar.

"Kami sudah kerjasama dengan Polsek di sana. ini AKDP sudah tidak bisa di sana," ujarnya. (idy)

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved