Perahu Wisata Waduk Cacaban Kabupaten Tegal Saat Ini Belum Memenuhi Standar Keselamatan

Jajaran Polres Tegal melakukan jemput bola dengan memeriksa kelengkapan dan kelayakan perahu di Waduk Cacaban, pada Selasa (4/6/2019) siang ini.

Perahu Wisata Waduk Cacaban Kabupaten Tegal Saat Ini Belum Memenuhi Standar Keselamatan
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Kasat Intelkam Polres Tegal AKP Bambang Edi Susanto memberikan stiker imbauan keselamatan ke masing-masing perahu yang mulai beroperasi sebagai wahana wisata. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - 15 perahu nelayan yang biasa dipakai untuk mencari ikan di Objek Wisata Waduk Cacaban, Desa Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, dinilai belum siap dijadikan sebagai perahu wisata.

Pasalnya, para nelayan belum memiliki perlengkapan keselamatan seperti jaket maupun pelampung bagi para wisatawan yang hendak mengeliling Waduk Cacaban saat libur Lebaran.

Padahal, mereka berencana akan menjadikan perahunya sebagai wahana wisata berkeliling waduk seluas sekitar 928,7 hektare itu bagi para pemudik yang berlibur ke Kabupaten Tegal.

Maka dari itu, jajaran Polres Tegal melakukan jemput bola dengan memeriksa kelengkapan dan kelayakan perahu di Waduk Cacaban, pada Selasa (4/6/2019) siang ini.

Dalam pemeriksaannya, Kasat Intelkam Polres Tegal AKP Bambang Edi Susanto pun memberikan stiker imbauan keselamatan ke masing-masing perahu yang mulai beroperasi sebagai wahana wisata.

"Ya kami periksa untuk alat keselamatan di masing-masing perahu. Kami harap, setelah Salat Idulfitri berlangsung, alat-alat itu bisa dipenuhi dan dilengkapi supaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," papar AKP Bambang kepada Tribunjateng.com, Selasa (4/6/2019).

Dalam pantauannya, Bambang menilai sejauh ini setiap kapal belum dilengkapi alat-alat keselamatan bagi para wisatawan.

Dia berharap alat-alat tersebut bisa segera disiapkan untuk mencegah terjadinya kecelakaan seperti tenggelam dan semacamnya.

Sebab, kelayakan standar perahu pada Obyek Wisata Waduk Cacaban ini sudah diatur dalam Perda.

"Selain Waduk Cacaban, kami pun memeriksa di Pantai Purwahamba Indah (Purin) Kecamatan Suradadi. Sejauh ini, di sana belum ada aktivitas penyewaan kapal. Namun tetap kami lakukan pembinaan," jelasnya. (Akhtur Gumilang)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved