Stasiun, Bandara dan Pelabuhan di Jawa Tengah Tetap Aman Meski Ada Bom di Pos Polisi Kartasura

Sejumlah penyelenggara jasa transportasi udara, air, maupun darat terus upayakan pengamanan secara maksimal.

Stasiun, Bandara dan Pelabuhan di Jawa Tengah Tetap Aman Meski Ada Bom di Pos Polisi Kartasura
IST
Belum Ada Kenaikan Jumlah Penumpang, Polisi Tetap Ketatkan Pengamanan di Stasiun Kereta Api Cepu 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka menciptakan suasana yang aman dan kondusif pada momen Lebaran 1440 H, sejumlah penyelenggara jasa transportasi udara, air, maupun darat terus upayakan pengamanan secara maksimal.

Meski ada peristiwa terkait dugaan bom bunuh diri yang terjadi di dekat Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo pada, Senin (3/6/2019) malam, beberapa pihak pengelola transportasi di Semarang baik Bandara Internasional Ahmad Yani, Pelabuhan Tanjung Emas, dan juga PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang mengaku sempat khawatir.

Akan tetapi, masing-masing dari mereka masih tetap mempercayakan sistem pengamanan pada daerah masing-masing dengan posko terpadunya.

Pelaku Pengeboman Pospam Kartasura Dirawat di Lantai Tiga RS Bhayangkara Semarang

Rekaman CCTV Detik-detik Ledakan Bom di Pos Polisi Kartasura, Terlihat Kepulan Asap Membumbung

Disampaikan Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Ahmad Danar Suryantono, pihaknnya menyebutkan bahwa selalu ada upaya pengamanan ekstra ketat setiap harinya dalam menjaga keselamatan dan kenhamanan penumpang maupun pengguna jasa penerbangan di bandara.

Lebih lanjut, pada dasarnya terhitung bulan Maret lalu Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sudah melaksanakan peningkatan kewaspadaan dengan melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum masuk toll gate.

Adapun pemeriksaan dilakukan secara random check bagi para pengguna jasa yang memasuki bandara di pre screening.

"Selain itu juga tersedia patroli rutin Avsec dan pelaksanaan patroli gabungan bersama TNI AD di perimeter, sejalan dengan Surat Edaran dari Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) tentang Peningkatan Kewaspadaan Keamanan Bandara di Lingkungan PT Angkasa Pura I (Persero)," terang Danar, Selasa (4/6/2019).

Pelaku Bom di Kartasura Gunakan Bom Low Explosive di Pinggang

Selain itu, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga telah mengadakan Airport Security Committee Meeting ke-2 pada tanggal 15 Mei 2019 dalam rangka peningkatan koordinasi dan komunikasi dengan para stakeholder di bandara dan persiapan kekuatan personil keamanan serta kesiapan menjelang arus mudik lebaran tahun 2019.

Petugas Airport Security selalu melakukan pengamanan secara ketat dan meningkatkan kewaspadaan patroli keamanan bandara, walking patrol, dan profiling cctv dalam hal pengawasan keamanan.

Juga diberlakukan security awarness yang tinggi dari para stakeholder atau pekerja di lingkungan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Halaman
123
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved