Lebaran 2019

Islam Aboge di Purbalingga Baru Menggelar Salat Id Hari Ini, 6 Juni

Jemaah penganut Islam Aboge, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, baru merayakan Lebaran dan menggelar salat Id pada hari ini, Kamis (6/6/2019).

Islam Aboge di Purbalingga Baru Menggelar Salat Id Hari Ini, 6 Juni
TRIBUNJATENG.COM/PERMATA PUTRA SEJATI
Jamaah penganut Islam Aboge, di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, baru menggelar salat Idulfitri, Kamis (6/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Pemerintah secara resmi menetapkan Hari Raya Idulfitri 1440 H pada Rabu (5/6/2019). Namun, jemaah penganut Islam Aboge, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, baru merayakan Lebaran dan menggelar salat Id pada hari ini, Kamis (6/6/2019).

Penganut Islam Aboge menentukan Lebaran berdasarkan perhitungan kalender Jawa. 

Ratusan penganut Islam Aboge memadati komplek Masjid Raden Sayid Kuning, Desa Onje, Kabupaten Purbalingga sejak pukul 06.00 WIB. Banyak di antara mereka merupakan perantauan yang pulang kampung untuk merayakan Lebaran.

Masjid Raden Sayid Kuning adalah masjid yang biasa digunakan jemaah Aboge di Desa Ojen sebagai tempat berkegiatan keagamaan.

Takbir masih terdengar berkumandang dan kemudian jemaah melaksanakan salat Id. Selepas salat, mereka saling bersalaman serta membaca salawat nabi. Mereka juga berdoa agar bangsa Indonesia terhindar dari perpecahan pascapemilu, terutama dijauhkan dari rasa iri dan dengki.

Seorang tokoh Islam Aboge, Maksudi (55), mengatakan, aliran Aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, sudah ada sejak akhir zaman Hindu.

"Kami meyakini Lebaran tahun 2019 ini merupakan Tahun Dzal. Kebetulan, jemaah tahun ini juga lebih banyak dibanding tahun lalu," ujar Maksudi kepada Tribunjateng.com, Kamis (6/6/2019).

Karena banyak jemaah yang meluber, mereka yang tak kebagian tempat di dalam masjid memenuhi halaman untuk salat. 

Meskipun baru melakukan salat Id hari ini, jemaah Aboge di Desa Ojen dapat hidup berdampingan dengan penganut Islam lain di sekitar desa yang lebih dulu merayakan Idulfitri. (jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved