Gubernur Sulawesi Tenggara: Kondisi di Buton Kini Sudah Berangsur Membaik

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengatakan, situasi di Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo mulai berangsur membaik.

Gubernur Sulawesi Tenggara: Kondisi di Buton Kini Sudah Berangsur Membaik
KOMPAS.COM/DEFRIANTO NEKE
Sekitar 87 rumah warga Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, dibakar sekelompok pemuda dari desa tetangganya, Desa Sampuabalo, Rabu (5/6/2019) sore. Belum diketahui penyebab pasti pemicu pertikaianyang melibatkan antar kelompok pemuda Desa Gunung Jaya dengan pemuda Desa Sampuabalo. 

TRIBUNJATENG.COM - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengatakan, situasi di Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo mulai berangsur membaik.

Hal tersebut disampaikan Ali Mazi saat mengunjungi Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo bersama Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjend TNI Surawahadi, dan Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Iriyanto, Jumat (7/6/2019) malam.

“Ini suatu kesyukuran, dari situasi kondisi saat ini kita saksikan bersama berangsur-angsur sudah pulih sedia kala. Mudah-mudahan dengan kehadiran TNI-Polri keadaan akan lebih baik lagi,” kata Ali Mazi.

Sekelompok Pemuda Bakar Puluhan Rumah di Buton, Warga Selamatkan Diri ke Dalam Hutan

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur bersama Pangdam XIV Hasanudin dan Kapolda Sulawesi Tenggara mendengar langsung keluhan warga Desa Gunung Jaya.

Satu per satu warga menyampaikan keluhannya tentang keamanan dan kerugian yang dialami dampak bentrokan.

Usai mengunjungi Desa Gunung Jaya, rombongan kemudian mengunjungi Desa Sampuabalo.

Gubernur menyampaikan kepada warga Desa Sampuabalo untuk menjaga kedamaian dan menghindari perselisihan.

“Selalu kita imbau kepada masyarakat tidak henti-hentinya, marilah kita selalu menjaga hubungan silaturahim diantara sesama kita. Kita ini semuanya bersaudara,” ujar Ali Mazi.

“Saya bersama Kapolda dan Pangdam mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menahan diri, jangan selalu terpancing keadaan yang merugikan kita semua,” tambahnya.

Kapolda Sultra: Bentrok di Buton Karena Gas Motor, Kini Situasi Sudah Kondusif

Polri Data Provokator, Pembakar Rumah Hingga Pelaku Penganiayaan Bentrok di Buton Sulawesi Tenggara

Mengenai ganti rugi rumah warga yang dibakar, Ali Mazi mengatakan, pemerintah daerah akan melakukan survei untuk melakukan renovasi.

Halaman
12
Editor: suharno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved