Menhub: Kondisi Padatnya Kendaraan di Banyumanik Semarang Bisa Terjadi Lagi, Puncak Arus Balik

Budi Karya Sumadi mengingatkan para petugas pengamanan lalu lintas mudik hingga balik Lebaran 2019 untuk senantiasa memberikan layanan optimal.

Menhub: Kondisi Padatnya Kendaraan di Banyumanik Semarang Bisa Terjadi Lagi, Puncak Arus Balik
TRIBUN JATENG/MOCH SAIFUDIN
Kepadatan kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung Kota Semarang, Sabtu (8/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi mengingatkan para petugas pengamanan lalu lintas mudik hingga balik Lebaran 2019 untuk senantiasa memberikan layanan optimal.

Hal tersebut disampaikannya dalam peninjauan pelaksanaan arus balik Lebaran 2019 di GT Kalikangkung Kota Semarang, Minggu (9/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Budi Karya mengatakan bekerja sama dengan Korlantas Polri maupun Jasa Marga telah mengupayakan semaksimal mungkin dalam memberikan layanan terbaik perihal rekayasa lalu lintas.

Tak henti-hentinya, dirinya terus berpesan kepada petugas untuk selalu siaga dan mengawal hal-hal yang dapat mengganggu arus lalu lintas seperti halnya keluar-masuk rest area, kota, maupun lainnya.

"One way terpanjang 410 kilometer. Hari ini mungkin puncak arus balik Lebaran. respon petugas harus cepat," jelas Budi.

Setelah mendengarkan pemaparan dari Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Antariksa perihal kondisi lalu lintas pada Sabtu (8/6/2019) malam, pihaknya mengapresiasi kesigapan petugas dalam hal mengurai kemacetan di beberapa titik Jawa Tengah.

Ia berharap, respon cepat dalam menyelesaikan masalah di lapangan terus dikedepankan semua petugas. 

"(Kejadian) di Banyumanik Kota Semarang bisa terjadi lagi. Perlu respon, di Banyumanik jadi pelajaran. Tidak hanya itu, edukasi lebih diutamakan," terang Budi.

Selain itu, pihaknya berharap tingkat kesadaran pengguna kendaraan khususnya di jalan tol untuk tidak berhenti di bahu jalan semakin membaik.

Hal tersebut menurutnya sangat berdampak pada jalannya arus lalu lintas juga risiko kecelakaan.

"Terlebih kami mengimbau para pemudik jalan berhenti di bahu jalan. Gunakan rest area yang ada," pungkas Budi. (Saiful Ma'sum)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved