Berlakukan One Way 24 Jam Demi kelancaran Arus Balik

Selain itu, pihaknya juga telah memanjangkan one way pada malam hari ke-2 di sejumlah titik di Jawa Tengah untuk mengurai kemacetan

Berlakukan One Way 24 Jam Demi kelancaran Arus Balik
ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA
Antrean kendaraan masuk tol melalui Gerbang Tol Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 Lebaran 2019, arus balik melalui pintu Tol Colomadu terpantau ramai lancar dan diperkirakan puncak arus balik pada 8-9 Juni 2019. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Korlantas dan Jasa Marga masih memberlakukan rekayasa arus lalu lintas satu arah atau one way untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mudik maupun arus balik Lebaran 2019 menggunakan jalur darat jalan tol trans Jawa.

Setelah berhasil memberlakukan one way pada vase mudik, kini Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia (Korlantas Polri) dengan pihak yang berkepentingan kembali memberlakukan sistem satu arah pada arus balik selama 4 hari tertanggal 7-10 Juni 2019.

Adapun rute dan waktunya yang semula dijadwalkan pukul 12.00 -24.00 WIB dari titik KM 414 Tol GT Kalikangkung Semarang hingga KM 70 Cikampek Utama, namun hanya bisa bertahan pada 2 hari pertama (tanggal 7 dan 8).

Direktur Utama PT Jasa Marga ruas Semarang-Batang, Arie Irianto mengatakan, momen arus balik pada hari ke-3 pihaknya memberlakukan rekayasa one way lebih panjang dari 2 hari pertama.

Masyarakat dimanjakan perjalanan satu arah menuju Cikampek full 24 jam.

"Ketetapan awal pukul 12.00 siang hingga 24.00. Hari pertama kedua lancar sesuai jadwal. Namun hari ke-3 kendaraan padat, Kakorlantas memberi arahan untuk meneruskan one way langsung karena beberapa pertimbangan khusus melihat situasional di lapangan," jelas Arie, Minggu (9/6).

Selain itu, pihaknya juga telah memanjangkan one way pada malam hari ke-2 di sejumlah titik di Jawa Tengah untuk mengurai kemacetan.

Titik-titik tersebut berada di arah Bawen menuju Banyumanik dan kemudian diteruskan menuju dalam kota hingga exit tol Kalikangkung.

"Semalam itu terjadi penumpukan kendaraan di tol Bawen arah Semarang. Sempat dilakukan contra flow tetapi tidak ngefek banyak. Akhirnya berlakukan one way dan alhamdulillah terurai pukul 2 malam," lanjut Arie.

Rekayasa arus lalu lintas 1 arah pun akhirnya dilanjutkan hingga pukul 24.00 nanti.

Halaman
123
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved