Layanan SIM Keliling di Kabupaten Tegal Libur Selama Bulan Juni 2019

Layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling atau biasa disingkat SIM-Ling Polres Tegal diliburkan selama bulan Juni 2019 ini

Layanan SIM Keliling di Kabupaten Tegal Libur Selama Bulan Juni 2019
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Antrean layanan SIM di Mapolres Tegal, Senin (10/6/2019) ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling atau biasa disingkat SIM-Ling Polres Tegal diliburkan selama bulan Juni 2019 ini.

Layanan SIM-Ling yang biasa hadir di Polsek-polsek tiap Kecamatan, Kabupaten Tegal akan kembali hadir pada Juli 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan Baur SIM Satlantas Polres Tegal, Aiptu Triono kepada Tribunjateng.com, Senin (10/6/2019) ini.

Dia menuturkan, layanan SIM-Ling untuk bulan ini ditiadakan sementara karena bertepatan dengan Libur Panjang Lebaran Idul Fitri.

Selain itu, kata Triono, personel yang biasa bertugas di Mobil Layanan SIM-Ling pun kini harus fokus berjibaku pada Operasi Ketupat Candi (OKC) 2019 di jalur-jalur mudik lebaran.

"Selama OKC ini, personel yang biasa bertugas di Mobil SIM-Ling pun harus fokus untuk pengamanan jalur mudik. Jadi, sebagian besar petugas dialihkan untuk mengatur lalu lintas selama arus mudik dan balik saat ini," kata Triono kepada Tribunjateng.com, Senin (10/6/2019).

Dia menjelaskan, seluruh jenis pelayanan SIM, baik perpanjangan maupun pembuatan untuk bulan Juni ini dipusatkan di Mapolres Tegal.

Namun, tambah Triono, bagi warga Kabupaten Tegal yang masa berlaku SIM-nya habis saat mudik akan diberi kompensasi.

"Bagi para pemudik yang masa berlaku SIM nya mati dari tanggal 1 sampai 9 Juni 2019 bisa diperpanjang pada tanggal 10 sampai 18 Juni 2019," lanjutnya.

Menurut dia, kompensasi itu sudah tertuang pada Surat Telegram Kapolri Nomer ST/1400/V/Yan.1.1./2019 tertanggal 27 Mei 2019 lalu.

Maka, bagi warga Kabupaten Tegal yang masa berlaku SIM-nya habis pada saat mudik di kampung halaman kini tak perlu khawatir.

Sebab, masih ada waktu selama delapan hari usai selesai dari kampung halaman dan kembali ke Kabupaten Tegal.

"Jika dari tanggal 10 sampai 18 Juni 2019 tidak diperpanjang SIM-nya, maka akan diberlakukan proses penerbitan SIM baru sesuai ketentuan. Untuk hari ini, antrean layanan SIM masih normal. Tidak terlalu membludak karena antreannya masih wajar," papar Triono. (TRIBUN JATENG/GUM)

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved