Seusai Senam Pagi, Mahasiswa KKN Stikes St Elisabet Semarang Cek Kesehatan Warga Kalialang

Puluhan warga Kalialang RW 01 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati bersama para mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Stikes St Elisabeth Semarang

Seusai Senam Pagi, Mahasiswa KKN Stikes St Elisabet Semarang Cek Kesehatan Warga Kalialang
IST
Puluhan warga Kalialang RW 01 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati bersama para mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Stikes St Elisabeth Semarang melakukan senam pagi bersama di lapangan Pasar Pejanten, Minggu (9/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Puluhan warga Kalialang RW 01 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati bersama para mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Stikes St Elisabeth Semarang melakukan senam pagi bersama di lapangan Pasar Pejanten, Minggu (9/6/2019).

Sejak pukul 06.30 warga sudah mulai berdatangan.

Mereka tampak semangat mengikuti senam meskipun pada hari sebelumnya disibukkan dengan aktivitas lebaran.

Ketua Panitia Senam, Triani Widiawati menuturkan, dengan mengangkat tema "RW 01 Bugar", diharapkan senam ini dapat nemingkatkan status kesehatan dan gerakan hidup sehat khususnya warga RW 1 Kalialang Lama.

"Senam sehat ini bertujuan untuk menunjang kesehatan warga dan sebagai bentuk ajakan agar warga terus menjaga kesehatannya," katanya.

Usai melaksanakan senam bersama, warga juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis antara lain cek gula darah, asam urat, kolesterol, dan pengukuran tekanan darah.

"Kami juga meriahkan dengan pembagian doorprize spesial untuk lebih memeriahkan acara tersebut," imbuhnya.

Dalam acara tersebut, anak-anak usia 5 hingga 8 tahun juga mendapatkan penyuluhan mengenai "Hand and Oral Hygiene".

Mereka dilatih cara mencuci tangan dan memyikat gigi secara benar.

Para mahasiswa juga membagikan hadiah berupa sikat gigi untuk mendorong mereka meningkatkan kebersihan mulut.

Koordinator dan pembimbing komunitas di Kalialang Lama RW 01, Agung mengatakan, kegiatan ini cukup penting untuk menanamkam hidup bersih dan sehat kepada masyarakat terutama anak-anak agar dapat menjaga kesehatan sedini mungkin.

"Kesehatan merupakan aspek penting dalam suatu komunitas dan harus selalu dipikirkan secara bersama-sama, khususnya oleh seluruh warga untuk sadar kesehatan," sebutnya.

Menurutnya, kegiatan semacam ini dapat meningkatkan partisipasi warga dalam bermasyarakat.

Dia berharap, kedepan agenda ini dapat diteruskan oleh masyarakat meskipun mahasiswa sudah tidak berada di Kalialang nantinya. (eyf)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved