Khutbah Jumat, Menristekdikti Ingatkan Persatuan Umat di Masjid Nurul Huda UNS

Nasir mengingatkan bahwa persatuan umat Islam tidak boleh sampai dilupakan.

Khutbah Jumat, Menristekdikti Ingatkan Persatuan Umat di Masjid Nurul Huda UNS
IST
Khutbah Jumat bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohamad Nasir bertempat di Masjid Nurul Huda UNS, Jumat (31/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SURAKARTA - Rangkaian acara Kampus Ramadan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berlanjut dengan Sholat dan Khutbah Jumat bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. H. Mohamad Nasir bertempat di Masjid Nurul Huda, Jumat (31/5/2019).

Diawal khutbahnya, Nasir menyinggung adanya aroma perpecahan dan gesekan diantara umat Islam seusai gelaran pemilihan umum 17 April yang lalu.

Nasir mengingatkan bahwa persatuan umat Islam tidak boleh sampai dilupakan.

"Setelah pesta demokrasi selesai, marilah kita kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tegas Nasir.

Persatuan dan kesatuan umat Islam, terutama rekonsiliasi seusai gelaran pemilihan umum lalu bagi Nasir perlu untuk segera dilakukan.

"Kita sebagai orang Islam harus kembali menjadi satu. Jangan sampai sifat iri, dengki, dan hasut itu muncul," katanya.

Selain mengingatkan akan persatuan dan kesatuan, dalam khutbahnya Nasir juga menyampaikan 4 hal penting yang menandakan tingkat ketaqwaan seorang Muslim.

Yang pertama adalah selalu mengutamakan sholat, yang kedua rajin bershodaqoh, yang ketiga selalu mensyukuri rizqi Alloh, dan yang terakhir adalah mengimani apa yang telah diturunkan oleh Alloh dan Nabi Muhammad.

"Rizqi itu adalah segala sesuatu yang diberikan Alloh dan yang mendatangkan manfaat bagi orang itu. Kalau tidak mendatangkan manfaat namanya bukan rizqi," ujar Nasir. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved