Pasca Insiden Gelombang Tinggi di Pantai Kebumen, Warung-warung di Pantai Wisata Kebumen Tetap Buka

Para pemilik warung telah memindahkan aset dan barang dagangan mereka di warung ke tempat yang lebih aman dari ancaman gelombang pasang

Pasca Insiden Gelombang Tinggi di Pantai Kebumen, Warung-warung di Pantai Wisata Kebumen Tetap Buka
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Kondisi terkini pantai Lembupurwo Kebumen. 

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN - Gelombang pasang sempat menerjang sejumlah pantai selatan Kebumen, Senin (10/6). Di Pantai Ambal Kebumen, gelombang pasang menyapu daratan pantai setinggi 30 sampai 50 cm. Tinggi gelombang laut saat itu mencapai 3-6 meter.

Menurut Bako Humas BPBD Kebumen Purwoto , selain di pantai Ambal, gelombang pasang juga menerjang pantai Setrojenar setinggi ke darat. Tinggi gelombang laut saat itu mencapai 4 hingga 5 meter.

Gelombang pasang juga dilaporkan menerjang Pantai Suwuk Kecamatan Puring setinggi sekitar 20 - 30 cm ke darat. Adapun tinggi gelombang di laut berkisar 4 - 6 meter.

"Mengimbau kepada pemilik warung dan pengunjung agar tetap waspada dengan adanya gelombang tinggi di pantai selatan Kebumen sampai 3 hari ke depan,"katanya

Untung Sudarmo dari SAR Unit Bantuan Pertolongan Pramuka mengatakan, situasi pantai Suwuk pagi ini, Rabu (13/6) aman terkendali. Tinggi gelombang di laut saat ini antara 2 hingga 3 meter. Tetapi gelombang laut diperkirakan akan naik mulai siang hari. Pengunjung pantai pun belum begitu ramai.

Menurut Untung, kejadian gelombang tinggi kemarin terjadi mulai pukul 03.00 Wib. Sekitar pukul 10.00 Wib, gelombang laut kian meninggi hingga sore hari, antara 3 sampai 5 meter.

Padahal, saat itu, pantai selatan Kebumen sedang ramai pengunjung yang ingin menikmati libur lebaran di pantai.

Dari pantauan pihaknya, gelombang pasang mengakibatkan ratusan warung termasuki air. Beberapa di antaranya bahkan dilaporkan mengalami kerusakan.

Di pantai Suwuk, ia melihat hampir seratusan warung di bibir pantai kemasukan air saat gelombang pasang terjadi. Tinggi air di darat mencapai hampir selutut orang dewasa. Tidak ada laporan kerusakan bangunan warung di pantai ini.

Hanya, menurut dia, sejumlah dagangan milik pedagang di warung terdampak ikut hanyut terbawa air. Dagangan turut hanyut lantaran berada pada posisi yang rendah di warung sehingga mudah terkena air. Dagangan itu semisal makanan atau stok dagangan dalam kardus yang diletakkan di tempat yang rendah.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved