Syawalan di Desa Bungo, Bupati Demak Naik Perahu Bawa Sedekah Laut di Sungai Wulan

Bupati Demak, HM. Natsir beserta forkopimda Kabupaten Demak merayakan tradisi syawalan di Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Rabu

Syawalan di Desa Bungo, Bupati Demak Naik Perahu Bawa Sedekah Laut di Sungai Wulan
TRIBUN JATENG/ALAQSHA GILANG IMANTARA
Bupati Demak, HM. Natsir dan forkopimda Kabupaten Demak mengelilingi sungai Wulan di dekat Balai Pelelangan Ikan, Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Rabu (12/6/2019). (Tribun Jateng/Alaqsha Gilang Imantara) 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK – Bupati Demak, HM. Natsir beserta forkopimda Kabupaten Demak merayakan tradisi syawalan di Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Rabu (12/6/2019).

Syawalan di Kabupaten Demak tahun 2019 dilaksanakan di lima tempat yaitu Tambak Bulusan, Morosari, Tambakgojoyo, Morodemak, dan Bungo.

Tahun 2018, Natsir merayakan syawalan di Morodemak, Kecamatan Bonang.

Tahun 2019, Natsir merayakan tradisi syawalan di Desa Bungo, Kecamatan Wedung karena harus gantian.

Ratusan paguyuban neyalan desa Bungo mengawali arak – arakan dari balai desa Bungo dengan berjalan kaki membawa sedekah laut dan hasil bumi menuju balai pelelangan ikan.

Sementara itu, Bupati Demak, HM. Natsir, bersama Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto, Kapolres Demak, AKBP Arief Bahtiar, dan Dandim Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto menaiki kuda delman dalam arak – arakan tersebut.

Penampilan drumband dan tarian dari anak – anak menyambut kedatangan forkopimda Kabupaten Demak sesampainya di balai pelelangan ikan.

Setelah itu, segenap forkopimda dan nelayan secara simbolis melarung sesaji atau sedekah laut.

Namun demikian, sedekah laut disini tidak sampai dilarung ke laut. Bupati Demak dan Forkopimda hanya berputar – putar menggunakan perahu nelayan di sungai Wulan dekat Balai Pelelangan Ikan.

“Hari ini di Kabupaten Demak ada beberapa tempat untuk melaksanakan tradisi syawalan yaitu Tambak Bulusan, Morosari, Tambakgojoyo, Morodemak, dan Bungo,” ujar Bupati Demak, HM. Natsir.

Halaman
12
Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved