Terpolarisasi Karena Pilpres, Bupati Tegal Ajak Warga Teladani Ketokohan Mbah Semedo

Menurut dia, masyarakat di Kabupaten Tegal sempat terkubu-kubu antara 01 dan 02 akibat dampak isu Pilpres yang berkelanjutan

Terpolarisasi Karena Pilpres, Bupati Tegal Ajak Warga Teladani Ketokohan Mbah Semedo
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Bupati Tegal Umi Azizah mengikuti halal bi halal di Desa Semedo, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (12/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Bupati Tegal, Umi Azizah mengatakan masyarakat di Kabupaten Tegal terpolarisasi karena adanya hajatan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 beberapa waktu lalu.

Menurut dia, masyarakat di Kabupaten Tegal sempat terkubu-kubu antara 01 dan 02 akibat dampak isu Pilpres yang berkelanjutan.

Maka dari itu, Umi ingin memaksimalkan momentum setelah Idul Fitri karena tepat sebagai ajang persatuan.

“Terlebih, kita baru saja menggelar pesta demokrasi terbesar, Pemilu 2019 yang kita akui menjadikan masyarakat terpolarisasi, terkotak-kotak karena perbedaan pilihan, perbedaan pandangan politik yang berpotensi mengarah pada perpecahan sosial," Umi berujar kepada Tribunjateng.com, Rabu (12/6/2019) ini.

Bagi Umi, hal tersebut harus segera ditanggulangi, salah satunya lewat momentum Halal Bihalal dan khaul yang akan dilakukannya selama sepekan ke depan ini.

Umi meminta masyarakat agar ketokohan para leluhur, seperti mbah Semedo dan mbah Kaloran yang dikenal sebagai pencetus adanya Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal bisa dicontoh.

Dari sosok itu, kata Umi, warga bisa belajar mempersatukan umat lewat syiar damai keislaman.

Maka, Umi berpesan agar momen Lebaran ini harus bisa dimanfaatkan untuk saling memaafkan dan mempersatukan antar lini-lini yang sempat terpolarisasi.

“Warisan berupa nilai-nilai luhur inilah yang harus kita rawat, kita lestarikan dan kita jadikan sebagai panduan dalam peri kehidupan sosial kemasyarakatan," ujarnya. (TRIBUN JATENG/GUM).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved