Honor Guru PAUD di Purbalingga Berkurang Rp 100 Ribu, Ini Penjelasan Bupati Tiwi

Isu pengurangan honor guru PAUD di Kabupaten Purbalingga ramai diperbincangkan akhir-akhir ini telah sampai ke Bupati Purbalingga.

Honor Guru PAUD di Purbalingga Berkurang Rp 100 Ribu, Ini Penjelasan Bupati Tiwi
IST
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (ist) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Isu pengurangan honor guru PAUD di Kabupaten Purbalingga ramai diperbincangkan akhir-akhir ini telah sampai ke Bupati Purbalingga.

Honor Pemkab yang semula sebesar Rp 400 ribu perbulan untuk guru PAUD, berkurang menjadi Rp 300 ribu mulai Januari hingga April 2019.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) bersama Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Purbalingga pun telah memanggil pengurus Himpaudi Purbalingga untuk menjelaskan permasalahan honor yang disebut mengalami pengurangan.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi atau Tiwi menyampaikan, pihaknya tidak mungkin menyengsarakan para guru termasuk guru PAUD di Kabupaten Purbalingga yang telah berdedikasi dalam mendidik anak usia dini.

Tiwi pun menepis isu pengurangan honor guru PAUD dari APBD 2019.

Ia menjelaskan, Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah membuat anggaran untuk APBD 2019 yang dialokasikan untuk kegiatan atau honor kesejahteraan PAUD dengan nilai yang sama dengan Tahun 2018.

“Kalau di bawah ada perbincangan bahwasanya honor dikurangi pada perhitungan kami di anggaran itu sebenarnya tidak dikurangi,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat Silaturahmi Keluarga Besar Himpaudi Kabupaten Purbalingga di Aula Karca Bungur Purbasari Pancuranmas, Kamis (13/6/2019).

Tiwi berdalih, ada regulasi khususnya petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari Permendikbud terkait dengan pemberian honor guru PAUD.

Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD yang dulu boleh membiayai honor guru PAUD, saat ini, terakhir Tahun 2018, BOP PAUD tidak diperbolehkan untuk membayar honor guru PAUD.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved