Kuota Peserta Didik Baru Tingkat SMP di Kota Pekalongan Capai 4.960 Orang

Data dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan, kuota siswa SMP yang akan diterima dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019

Kuota Peserta Didik Baru Tingkat SMP di Kota Pekalongan Capai 4.960 Orang
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Siswa SMPN 6 Pekalongan berjalan beriringan keluar dari gedung sekolah , Kamis (13/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Data dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan, kuota siswa SMP yang akan diterima dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019 2020 mencapai 4.960.

Jumlah tersebut dibagi untuk kuota SMP negeri dan swasta, dengan rincian 3.104 siswa SMP negeri dan 1.856 murid SMP swasta.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dindik Kota Pekalongan, Sugiyo, PPDB akan dibuka tanggal 2-4 Juli mendatang.

“Pendaftaran PPDB SMP melalui website PPDB online di http://ppdb.dindik.pekalongankota.go.id.,” paparnya, Kamis (13/6/2019).

Ia menerangkan, PPDB tingkat TK, SD dan SMP dikelola oleh Dindik Kota Peklaongan, sedangkan tingkat SMA dikelola Pemprov Jateng.

“Tahun ini PPDB tidak menggunakan nilai sebagai dasar pendaftaran, namun menggunakan jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur mutasi atau perpindahan domisili orang tua,” ujar Sugiyo.

Dilanjutkannya, dalam sistem zonasi sekolah wajib menerima calon murid yang berdomisili dekat dengan sekolah.

“Zonasi untuk meratakan akses pendidikan. Porsinya 90 persen diterima, kemudian 5 persen melalui jalur prestasi, sisanya jalur mutasi.

Untuk siswa yang memilih jalur prestasi harus melampirkan bukti berupa sertifikat prestasi,” paparnya.

Ia menambahkan, calon peserta didik baru yang telah mendaftar nantinya wajib melakukan verifikasi dengan melampirkan kartu keluarga.

“Untuk siswa yang memilih jalur zonasi wajib melampirkan kartu keluarga ataupun surat keterangan domisili dari RT RW,” tambahnya. (Bud)

Penulis: budi susanto
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved