Omzet SPBU di Tol Trans Jawa Meningkat Lima Kali Lipat saat Arus Mudik-Balik Lebaran 2019

Tingginya minat masyarakat menggunakan tol Trans Jawa pada arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 H kemarin, berimbas pada peningkatan konsumsi BBM.

Omzet SPBU di Tol Trans Jawa Meningkat Lima Kali Lipat saat Arus Mudik-Balik Lebaran 2019
Tribunjateng.com/Budi Susanto
Antrean kendaraan pemudik mengular di pengisian BBM yang terletak di rest area kilometer 344 Jalan Tol Trans Jawa, Sabtu (1/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tingginya minat masyarakat menggunakan tol Trans Jawa pada arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 H kemarin, berimbas pada peningkatan konsumsi BBM.

Kenaikan konsumsi BBM yang terjadi di seluruh SPBU dan kios Pertamina Siaga tol Trans Jawa bahkan lima kali lipat dibanding Lebaran tahun 2018 lalu.

Hal tersebut dikatakan oleh General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY, Iin Febrian.

Iin menuturkan konsumsi BBM jenis gasoline di beberapa SPBU regular, seperti di rest area KM 389B dan KM 260B naik hingga di atas 200% pada puncak arus balik yang terjadi pada H+4, atau bertepatan pada Minggu (9/6/2019).

Tidak terkecuali kios Pertamina Siaga yang tersebar di ruas B (Surabaya-Jakarta) tol trans Jawa.

Iin juga menyebut peningkatan konsumsi di kios Pertamina Siaga di sepanjang ruas balik jalur B meningkat rata-rata di atas 100%.

Jumlah Kecelakaan di Brebes Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019 Meningkat

Angka Kecelakaan Lalu Lintas saat Arus Mudik-Balik Lebaran di Temanggung Menurun

“Peningkatan tertinggi terjadi di kios Pertamina Siaga KM 282B saat H+5 arus balik kemarin, yaitu sebesar 135% dari rata-rata harian normal sebesar 14 Kiloliter (KL) menjadi 33 KL," Jelas Iin, pada Tribunjateng.com, Kamis (13/6/2019).

Ia menambahkan, hal serupa juga terjadi di kios Pertamina Siaga lainnya meskipun peningkatannya tidak setinggi di rest area KM 282B.

“Dibandingkan tahun 2018, konsumsi BBM meningkat signifikan seiring dengan beroperasinya rest area di tol Trans Jawa. Pertamina akan terus mengoptimalkan stok dan penyaluran sebagai upaya antisipasi peningkatan konsumsi BBM di tol Trans Jawa," tegasnya.

Iin menyebut, kedepan Jalan Tol tetap menjadi idola, sehingga Pertamina bekerja sama dengan pengelola Tol untuk bagaimana memperkuat sarana dan fasilitas di Rest area.

"Keberhasilan Pertamina pada tahun ini salah satunya didukung oleh sistem One Way yang diterapkan oleh kepolisian dan ini sangat membantu. Karena semua fasilitas di kiri atau di kanan jalur Tol dapat efektif digunakan," ungkapnya.

Sementara itu, menurut Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, para pemudik sangat meminati untuk mengisi BBM di SPBU yang terletak di rest area sepanjang tol Trans Jawa.

“Kami mencatat di SPBU rest area KM 379 dan 429 ruas A (Jakarta-Surabaya) adalah dua SPBU regular yang peminatnya sangat tinggi saat arus mudik. Sedangkan pada saat arus balik, konsumsi tertinggi terjadi di SPBU rest area KM 389 dan KM 260," ucap Andar.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts Sebut Ada 4 Pemain Potensial di Persib B

Andar menambahkan, hingga akhir masa satgas tanggal 20 Juni 2019 nanti, Pertamina MOR IV akan terus mengoptimalkan pemenuhan stok dan penyaluran BBM di tol Trans Jawa.

“Seluruh SPBU reguar dan kios Pertamina Siaga di jalur tol trans Jawa siap melayani para pengguna jasa tol, dan kami beroperasi penuh melayani konsumen hingga 24 jam," tandasnya. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved