PPDB Online 2019: Sabarudin Soroti Surat Domisili dan Dorong Transparansi PPDB

PPDB Online 2019, Ombudsman RI Perwakilan Jateng mendorong Pemda di Jawa Tengah untuk mencegah terjadi maladministrasi

PPDB Online 2019: Sabarudin Soroti Surat Domisili  dan Dorong Transparansi PPDB
net
Hasil seleksi PPDB online tingkat SMA atau SMK Negeri di Jawa Tengah diumumkan 11 Juli 2018 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- PPDB Online 2019, Ombudsman RI Perwakilan Jateng mendorong Pemda di Jawa Tengah untuk mencegah terjadi maladministrasi

Seperti penyimpangan prosedur pada penerimaan peserta didik baru tahun 2019/2020. Asas penyelenggaraan PPDB yakni nondiskriminatif, objektif, transparan sesuai Permendikbud 51 tahun 2018.

Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah, Sabarudin Hulu mengatakan PPDB 2019/2020 melalui jalur zonasi, prestasi dan perpindahan orang tua. Perlu diantisipasi terkait terbitnya dokumen palsu seperti surat domisili dan surat keterangan tidak mampu.

Sesuai permendikbud 51/2018, ditekankan bahwa apabila dokumen yang diserahkah orang tua peserta didik baru diketahui palsu maka sanksinya selain pidana juga calon siswa dikeluarkan dari sekolah.

Kuota untuk peserta didik baru tidak mampu, secara tegas dalam permendikbub 51/2018 adalah minimal 20% dari jumlah daya tampung.

"Tentu, ini bisa menjadi peluang munculnya keluarga tidak mampu yang dadakan. Antisipasi ini dilakukan Pemprov Jateng dengan menerbitkan SE kepada seluruh Bupati/walikota se Jateng bulan Mei 2019, intinya meminta bantuan validasi surat keterangan domisili sebelum dilegalisir kelurahan, karena yang diterima surat keterangan domisili yakni 6 bulan sebelum penerimaan peserta didik baru," terang Sabarudin.

Selain itu, pihaknya juga menyoroti jalur perpindahan orang tua, yang tidak hanya bagi pegawai negeri tetapi juga perusahaan, artinya anak pegawai swasta juga diakomodir.

"Kami imbau kepada orangtua peserta didik baru, supaya mengikuti prosedur PPDB sesuai Permendikbud 51/2018. Serta meminta panitia penyelenggara PPDB dan satuan pendidikan untuk melakukan sosialisasi terkait PPDB 2019/2020 ini, sehingga masyarakat mendapatkan layanan publik maksimal terkait informasi PPDB," harap dia.

PPDB Online untuk SMP tingkat Kota Semarang, pendaftaran berlangsung 13-15 Juni. Kemudian penyunan peringkat 16 Juni dan pengumuman penerimaan siswa baru, Senin 17 Juni. Daftar ulang 17-19 Juni 2019. 

Siapkan PPDB Online Secara Matang

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved