Tinjau SPBU Jalur Arus Balik, Jonan Apresiasi Layanan Pertamina

Dalam rangka memastikan layanan BBM selama mudik dan arus balik berjalan dengan optimal terutama di jalur Tol Trans Jawa

Tinjau SPBU Jalur Arus Balik, Jonan Apresiasi Layanan Pertamina
desta leila
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dalam rangka memastikan layanan BBM selama mudik dan arus balik berjalan dengan optimal terutama di jalur Tol Trans Jawa, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, melakukan peninjauan ke sejumlah SPBU di jalur tol arus balik wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat, pada Rabu (12/6/2019) malam.

Dalam kunjungan ini, Jonan menghampiri setidaknya empat SPBU untuk melihat layanan pengisian BBM ke masyarakat.

Empat SPBU yang dihampiri adalah SPBU di KM 360 Batang, KM 260 Brebes, KM 229 Cirebon, dan KM 389 Batang. Dari keempat SPBU tersebut, terlihat pelayanan BBM berjalan dengan lancar sebagai upaya Pertamina menyediakan bahan bakar untuk masyarakat.

Melihat lengkapnya layanan BBM yang disiapkan Pertamina, Jonan pun mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan. Ia bahkan berkomunikasi langsung dengan para operator yang masih bertugas di tengah malam.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, dan Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas'ud Khamid, saat melakukan tinjauan di SPBU KM 260 Brebes, Rabu malam (12/6/2019).
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, dan Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas'ud Khamid, saat melakukan tinjauan di SPBU KM 260 Brebes, Rabu malam (12/6/2019). (desta leila)

"Saya menilai kinerja Pertamina pada mudik tahun ini jauh lebih baik dibandingkan operasi Lebaran tahun 2018. Untuk yang sekarang persiapan luar biasa, SPBU-SPBU di jalur Tol sudah banyak yang siap beroperasi meski belum semua, mengingat tahun lalu masih banyak menggunakan mobile dispenser," jelas Jonan, pada Tribunjateng.com, Rabu (12/6/2019).

Alasan kenapa pihaknya melakukan tinjauan sekarang, karena mengantisipasi kemungkinan besar 5%-15% dari pemudik yang belum balik kemungkinan akan balik pada hari kamis, jumat, atau sabtu. Mengingat yang Swasta banyak melakukan kegiatan penuh pada senin minggu depan.

Adapun kenapa memilih waktu malam hari untuk melakukan tinjauan, menurut Jonan alasannya karena lebih menarik. Selain itu, SPBU ketika siang hari pasti aktif, maka pihaknya memilih malam hari untuk melihat operasinal nya berjalan dengan baik atau tidak.

"Kedepan Pertamina akan mulai memasarkan pengisian BBM tidak harus pakai uang cash, tapi bisa menggunakan LinkAja atau macam-macam kartu lainnya sehingga lebih praktis," ujarnya.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas'ud Khamid menambahkan, Pertamina telah melakukan sejumlah penyesuaian untuk menghadapi peningkatan kebutuhan BBM saat arus balik, terutama di jalur dan titik tertentu yang diperkirakan ramai.

"Kami tetap menyiagakan layanan tambahan seperti SPBU Modular, Kios Pertamina Siaga, dan juga Motoris BBM. Semua kami siagakan hingga masa arus balik selesai, dengan terus berkordinasi dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, dan pihak lainnya," ungkap Mas'ud.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved