Bawaslu Kudus Sudah Kirim Keterangan Tertulis terkait Gugatan Tiga Caleg DPRD Kudus

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus telah menyiapkan jawaban tertulis atas gugatan tiga calon legislatif asal Kabupaten Kudus

Bawaslu Kudus Sudah Kirim Keterangan Tertulis terkait Gugatan Tiga Caleg DPRD Kudus
Tribun Jateng/ Rifqi Gozali
Rapat koordinasi tahapan kampanye pemilu di kantor Bawaslu Kudus, Jumat (25/10/2018).  

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus telah menyiapkan jawaban tertulis atas gugatan tiga calon legislatif asal Kabupaten Kudus. Jawaban tersebut telah dikirim ke Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan mengatakan, jawaban tersebut sesuai dengan dalil permohonan yang diajukan penggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Saat ini, di MK masih dalam proses penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pemilihan presiden dan wakilnya. Kemudian, MK baru melakukan penanganan perkara PHPU pemilihan legislatif.

“Kami sudah membuat keterangan tertulis atas jawaban permohonan. Dikirim ke Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi Jawa Tengah,” kata Minan, Jumat (14/6/2019).

Minan mengatakan, penanganan perkara PHPU pemilihan legislatif akan mulai ditangani pada 1 Juli 2019. Saat itu jadwal penanganannya yaitu pencatatan permohonan dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BPRK).

“Kalau nanti kami diminta untuk memberi keterangan di muka sidang, kami siap. Kami juga akan menyiapkan segala berkas mislanya terkait salinan C1 hologram, C1 plano, DAA1, DA2, dan data-data pendukung lainnya,” katanya.

Diketahui, dala Pemilu 2019, terdapat tiga calon legislatif asal Kabupaten Kudus yang megajukan gugatan ke MK. Mereka yaitu Agus Setyobudi dari Hanura yang memohon dilakukan pemilihan ulang di TPS tertentu khusus Pemilu DPRD Kudus dapil 3. Kemudian yaitu Bambang Kasriono dari PAN dan Agus Wariono dari  Gerindra. Keduanya meminta agar MK membatalalkan keputusan KPU Nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019 dan menetapkan perolehan suara yang benar untuk pemohon di beberapa daerah.

Sementara, Anggota KPU Kudus Dhani Kurniawan mengatakan, sampai saat ini belum ada arahan dari KPU RI terkait gugatan dari tiga calon legislatif DPRD Kudus.

“Belum ada arahan dari KPU RI terkait gugatan tiga pemohon caleg DPRD Kudus. Yang sudah kami kirimkan bukti perselisihan hasil Pemilu presiden ,” kata Dhani.

Terkait gugatan ke MK, kata Dhani, di Kudus menjadi salah satu daerah yang menjadi perselisihan hasil Pemilu presiden dan wakilnya.  Di antara berkas yang dikirimkan yaitu DAA, DA2, DATT, DABH, DB, DB1, DBTT. Pihaknya juga menyerahkan kronologis pemutakhiran data, kronologis sosialisasi, dan kronologis pemungutan suara, sampai input Situng. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved