Hanya 33 SMP Negeri di Kabupaten Tegal Terapkan PPDB Online Mandiri, Sisanya Seleksi Manual

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMP Negeri di Kabupaten Tegal dilakukan secara mandiri.

Hanya 33 SMP Negeri di Kabupaten Tegal Terapkan PPDB Online Mandiri, Sisanya Seleksi Manual
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Ruang LAB untuk melakukan verifikasi PPDB Online Mandiri di SMPN 1 Slawi ramai diserbu calon siswa dan orang tua, Jumat (14/6/2019) ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMP Negeri di Kabupaten Tegal tidak semua dilakukan secara mandiri.

Ada 15 SMP yang menerapkan seleksi secara manual.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Tegal, Al Fatah menyebut, hanya ada 33 SMP Negeri di Kabupaten Tegal yang menyelenggarakan PPDB Online Mandiri.

"Dari total 48 SMP negeri di sisi, 33 di antaranya menerapkan PPDB online mandiri. Jadi, masih ada 15 SMP yang menerapkan seleksi secara manual," kata Al Fatah saat ditemui Tribunjateng.com, Jumat (14/6/2019).

Dia menjelaskan, PPDB Online Mandiri adalah sistem server yang dibangun masing-masing pihak SMP untuk menyeleksi calon siswanya.

Alhasil, sistem server yang dimiliki satu sekolah tersebut tidak bisa terintegrasi dengan sekolah lainnya.

"Karena servernya mandiri, masing-masing sekolah punya sendiri. Jadi, semisal tidak diterima di sekolah yang diinginkan, harus masuk lagi ke sistem sekolah lainnya karena tidak terintegrasi atau berbeda," paparnya.

Fatah yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Slawi itu menuturkan, jika seleksi PPDB Online Mandiri SMP Negeri di Kabupaten Tegal tetap mempertimbangkan nilai akademik calon siswa.

Namun, kata dia, untuk jalur masuk masih sama seperti yang diterapkan SMA yakni melalui jalur zonasi, prestasi, dan perpindahan orang tua.

"Sama alokasinya juga, jalur zonasi 90 persen, prestasi 5 persen, dan perpindahan orang tua 5 persen. Meski begitu, PPDB online mandiri ini tetap memprioritaskan nilai akademik atau hasil UN SD dari calon siswa. Jadi, tidak hanya memprioritaskan zonasi jarak terdekat saja," pungkas dia.

Untuk jadwal pendaftaran PPDB Online Mandiri, Fatah menyebut baru mulai dibuka pada Jumat (14/6/2019) ini.

Menurutnya, untuk tahapan saat ini masih dilakukan verifikasi data calon siswa ke sistem server PPDB Online.

"Pendaftarannya selama tiga hari. Dari Jumat (14/6/2019), Sabtu (15/6/2019), dan dilanjut pada Senin (17/6/2019) depannya. Bagi yang manual juga sama," tutur Fatah. (TRIBUN JATENG/GUM).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved