Penyelenggaraan PPDB Online SMP di Karanganyar Habiskan Anggaran Rp 250 Juta

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMP tahun ajaran 2019/2020 di Kabupaten Karanganyar yang direncanakan mulai dibuka

Penyelenggaraan PPDB Online SMP di Karanganyar Habiskan Anggaran Rp 250 Juta
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Suasana menjelang pembukaan PPDB 2019 di SMP N 1 Tawangmangu Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMP tahun ajaran 2019/2020 di Kabupaten Karanganyar yang direncanakan mulai dibuka pada 13-18 Juni 2019 menggunakan sistem offline, diundur pelaksanaannya pada 1-4 Juli 2019 menggunakan sistem online.

Penundaan dan perubahan sistem pendaftaran itu sesuai instruksi Bupati Karanganyar, Juliyatmono, lantaran peristiwa di SMPN 1 Tawangmangu pada Rabu (12/6/2019) malam.

Sehari sebelum dibuka, para calon wali murid mengantre untuk mendaftarkan anaknya sejak siang hingga tengah malam.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, penyelenggaraan PPDB secara online itu bekerjasama dengan pihak ketiga.

"Aplikasi sistemnya yang harus kita sempurnakan dengan sistem zonasi. Zonasi itu harus berdasarkan prestasi atau nilai, bukan dulu-duluan mendaftar," katanya kepada Tribunjateng.com, Jumat (14/6/2019).

Juliyatmono menjelaskan, sesuai aturan Permendiknas, zona 1 memberi kesempatan bagi semua peserta didik supaya pendidikan dan kualitasnya merata

. "Yang pinter-pinter, mereka bebas sekolah di lingkungan zona 1, tapi tidak menutup kemungkinan mereka sekolah kemana-mana boleh dengan prestasi dia. Kan ada kuota prosentasenya," terangnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, terkait prosentase akan diatur, pengaturan itu akan dilihat berdasarakan lulusan SD. "Berada dimana saja mereka, geografisnya seperti apa.

Taruhlah di perbatasan, berdekatan dengan kecamatan lain. Semisal, di Kecamatan Matesih, sebelah selatan sudah masuk Kecamatan Jumantono. Itu juga harus diperhatikan. Akan kita akomodir semua. pendekatan zona harus dengan pendekatan prestasi," paparnya.

Juliyatmono menuturkan, ia sudah mengirim surat kepada DPRD Karanganyar terkait anggaran mendahului perubahan untuk penyelenggaraan PPDB secara online.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved