Gelar Pasukan, Upaya Polres Brebes Menjamin Pilkades Serentak Aman dan Damai

Apel Gelar Pasukan dipimpin bersama oleh Bupati Brebes Idza Priyanti, Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono serta Dandim 0713/Brebes

Gelar Pasukan, Upaya Polres Brebes Menjamin Pilkades Serentak Aman dan Damai
Istimewa
Bupati Brebes Idza Priyanti, Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono serta Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faizal Amri, melakukan pengecekan pasukan dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades serentak tahap I di halaman Mapolres Brebes, Sabtu (15/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Brebes yang aman, damai dan kondusif, Polres Brebes menggelar Apel Gelar Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades serentak tahap I di halaman Mapolres Brebes, Sabtu (15/6/2019).

Apel Gelar Pasukan dipimpin bersama oleh Bupati Brebes Idza Priyanti, Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono serta Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Faizal Amri.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono menyampaikan, Apel pergeseran pasukan bertujuan untuk melakukan pengecekan pasukan dan mengecek kesiapsiagaan anggota dalam pengamanan pada pemungutan suara pilkades serentak tahap I, Minggu (16/6/2019) besok.

"Pilkades yang dilaksanakan di 148 desa dari 17 kecamatan, memerlukan pengamanan yang cukup ekstra serta membutuhkan banyak personel pengamanan," kata Aris.

Menurut Aris, dalam pengamanan harus bersinergi dengan instansi terkait agar pilkades terlaksana dengan baik. Perlu diketahui bahwa tahapan pilkades serentak terdapat potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian.

“Perlu kita sikapi dengan profesional baik itu TNI, Polri, Linmas dan instansi terkait. Artinya, harus benar-benar mempersiapkan diri agar dapat bekerja sama dengan baik, pahami tugas dan tanggungjawab, pahami lingkungan tempat tugas rekan-rekan serta pelajari dinamika sosial yang ada,” terang Aris.

Adapun hal yang perlu perhatikan, lanjut Aris, pertama kenali wilayah tugas dan laksanakan tanggungjawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam pelaksanaan tugas.

Kedua, kuasai cara bertindak baik secara teknis dan taktis serta selalu bersinergi dengan TNI, Linmas, panitia pemilihan kepala desa, dan mitra pengamanan lainnya.

Ketiga koordinasi dan kerja sama yang baik serta bangun komunikasi yang harmonis antar unsur pengamanan di lapangan, sehingga mampu mewujudkan team work yang solid dan dapat mencapai hasil kinerja yang optimal.

Keempat, persiapkan secara cermat berbagai kelengkapan pendukung tugas, baik perorangan maupun kesatuan. Kelima, hindari sikap dan tindakan yang tidak simpatik, arogan dan sewenang-wenang, serta pegang teguh komitmen netralitas.

Halaman
12
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved