Ini Bukti Konkretnya, Masih Banyak Cara-Cara Promosi Ilegal Perumahan dan Sekolah di Kota Semarang

Banyak sekali promosi perumahan dan sekolah yang kami temukan. Spanduk banyak yang ditempel di pohon maupun tiang listrik.

Ini Bukti Konkretnya, Masih Banyak Cara-Cara Promosi Ilegal Perumahan dan Sekolah di Kota Semarang
ISTIMEWA
Beberapa truk dipenuhi spanduk maupun baliho reklame yang dipasang secara ilegal di Kota Semarang. Itu adalah hasil operasi Satpol PP Kota Semarang selama sebulan terakhir. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Masih ada saja perilaku para pelaku usaha di Kota Semarang yang memasang reklame secara ilegal.

Terbukti, selama hampir sebulan petugas Satpol PP Kota Semarang sudah menertibkan 9 truk berisi ratusan reklame liar.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, beberapa pelaku usaha masih menghindari pembayaran pajak reklame sehingga mereka memasang reklame secara ilegal.

Reklame ilegal ini ditemukan di sepanjang jalan protokol yang ditempel di tiang listrik maupun pohon, jembatan penyeberangan orang (JPO), pagar, dan wilayah-wilayah berdekatan dengan lembaga pendidikan.

"Banyak sekali promosi perumahan dan sekolah yang kami temukan. Spanduk banyak yang ditempel di pohon maupun tiang listrik," bebernya, Minggu (16/6/2019).

Fajar menegaskan, cara promosi dengan menempel spanduk dan baliho di tiang maupun pohon bertentangan dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Semarang Nomor 6 Tahun 2017 tentang Reklame.

Selain itu, pemasangan reklame di sembarang tempat juga mengganggu estetika kota.

"Padahal Pemkot Semarang telah menyiapkan tempat yang diperbolehkan, tapi mereka justru memilih memasang MMT atau reklame dengan cara ilegal untuk menghindari pajak," ujarnya.

Lanjutnya, Pemkot Semarang juga telah memberikan fasilitas terkait promosi menggunakan videotron yang ada di beberapa titik di Kota Semarang.

Satu di antaranya di sekitar Tugu Muda.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved