Berikut Daftar Sekolah dan Puskesmas Ramah Anak di Kabupaten Kendal, Menuju KLA Tingkat Madya

Kabupaten Kendal sudah mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Pratama sebanyak dua kali yakni pada 2016 dan 2018.

Berikut Daftar Sekolah dan Puskesmas Ramah Anak di Kabupaten Kendal, Menuju KLA Tingkat Madya
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Bimtek Pengembangan Desa/Kelurahan Layak Anak Kabupaten Kendal Tahun 2019 yang diadakan oleh DP2KBP2PA Kabupaten Kendal, Rabu (13/2/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Masing-masing dua sekolah dan puskesmas di Kabupaten Kendal menjadi ujung tombak dalam mendukung raihan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.

Sekolah dan puskesmas itu akan menjadi percontohan dalam membentuk fasilitas pendidikan dan kesehatan ramah anak.

Kabid Perlindungan Anak Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kabupaten Kendal, Mufid mengatakan dua sekolah yang menjadi percontohan sekolah ramah anak yaitu, SMP Negeri 2 Kendal dan SMP Negeri 1 Weleri.

Sedangkan puskesmas yang menjadi percontohan puskemas ramah anak yakni Puskemas 1 Rowosari dan Puskesmas Pageruyung.

"Jadi, semua fasilitas dan pelayanan di sekolah dan puskesmas itu harus memenuhi hak-hak anak, " ujarnya saat dikonfirmasi Tribunjateng.com, Senin (17/6/2019).

Menurutnya, hak anak yakni terdiri dari hak bermain, mendapatkan pendidikan, perlindungan, mengetahui identitas, akses kesehatan, makanan, rekreasi, mendapatkan perlakuan sama, status kebangsaan, dan peran dalam pembangunan.

"Semisal dalam penyampaian pendidikan di sekolah tidak adanya kekerasan, perundungan dan fasilitas belajar dan bermain yang memadai. Sedangkan di puskesmas dokter pun saat memeriksa anak harus membuat anak nyaman dan tidak merasa takut," tambahnya.

Menurutnya, selain pelayanan fasilitas fisik seperti infrastruktur juga harus memenuhi hak anak.

Seperti tidak ada fasilitas yang dapat membahayakan orang terutama anak-anak.

"Semua puskesmas dan sekolah itu sudah berjalan dan pada akhir tahun lalu sudah dilaunching untuk program ramah anaknya," katanya.

Halaman
12
Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved