Ngopi Pagi

FOKUS : Pelajaran dari Vanuatu

BEDA kelas, kesimpulan itu terbetik setelah timnas senior menang setengah lusin atas Vanuatu. Dalam pertandingan bertajuk persahabatan itu

FOKUS : Pelajaran dari Vanuatu
tribunjateng/cetak/grafis bram kusuma
Abduh Imanulhaq atau Aim wartawan Tribun Jateng 

Oleh Abduh Imanulhaq

Wartawan Tribun Jateng

BEDA kelas, kesimpulan itu terbetik setelah timnas senior menang setengah lusin atas Vanuatu. Dalam pertandingan bertajuk persahabatan itu, pasukan Garuda tidak kebobolan satu gol pun.

Sia-siakah? Tentu saja tidak. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil, terutama dari sisi bekal motivasi dan kepercayaan diri.
Vanuatu terang bukan lawan yang sepadan bagi Indonesia yang tampil di depan publik sendiri. Dari segi peringkat FIFA sebelum bertanding, kedua timnas memang hanya terpisahkan tiga level.

Indonesia berada di posisi 160, sedangkan tim tamu ranking 163. Namun, dari segi permainan kita tahu ada kesenjangan mencolok di antara kedua kubu.

Hasil akhir saja sudah menerangkan segalanya. Kemenangan di atas lima gol ini menjadi yang pertama bagi Indonesia sejak 2010.

Skor 6-0 itu mengulangi kejayaan atas Laos di fase penyisihan grup Piala AFF 2010. Setelah itu, tak pernah lagi pasukan Garuda menang di atas lima gol.

Baru saat menjamu Vanuatu, hasil itu bisa terulang lagi. Sesuatu yang membanggakan dari sisi catatan pertandingan.
Bagi pelatih Simon McMenemy pribadi, hasil ini jelas amat melegakan. Anak-anak asuhannya bisa menang dalam debutnya sebagai pelatih timnas di kandang.

Dua laga terdahulu menghadapi Myanmar dan Yordania, Indonesia bertindak sebagai tim tamu. McMenemy yang menggantikan Bima Sakti itu baru tiga kali ini menangani pasukan Garuda.

Dalam tiga pertandingan itu, catatannya adalah dua kali kemenangan dan satu kali kalah. Kalah dari Yordania, menang atas Myanmar dan Vanuatu.

Halaman
12
Penulis: abduh imanulhaq
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved