Hendi Optimistis Kelurahan Mangunharjo Juara Umum Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi

Setelah menyabet gelar juara umum dalam kompetisi Kampung Hebat pada tahun 2018 kemarin Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tembalang berprestasi

Hendi Optimistis Kelurahan Mangunharjo Juara Umum Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi
ISTIMEWA
Wali Kota Semarang memberikan sambutan dalam acara Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi di Kelurahan Mangunharjo Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setelah menyabet gelar juara umum dalam kompetisi Kampung Hebat pada tahun 2018 kemarin Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tembalang kembali menunjukkan prestasinya.

Salah satu kelurahan di Kecamatan Tembalang tersebut mewakili Kota Semarang berlaga dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019.

Untuk itu Senin (17/6), Wali kota Semarang Hendrar Prihadi didampingi jajaran Muspika Kecamatan Tembalang, Camat, dan Lurah menerima Tim Evaluasi Pengembangan Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Tengah di Kelurahan Manghunharjo Semarang.

Tim tersebut akan melakukan verifikasi lapangan setelah Kelurahan Mangunharjo masuk nominasi 3 besar.

Rombongan yang diketuai oleh Ir. Agus Suranta, MM melakukan penilaian pada 3 bidang, yaitu bidang pemerintahan yang terbagi pula dalam 5 aspek, pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, teknologi informasi dan pelestarian adat dan budaya.

Sedangkan 2 bidang lainnya adalah bidang kewilayahan dengan 5 aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana, dan pengaturan evaluasi, serta bidang kemasyarakatan dengan 11 aspek, yaitu partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Kesemua aspek tersebut tentu tidak menjadi persoalan mengingat Kelurahan Manghunharjo telah mampu menggerakkan partisipasi warga dalam menciptakan keamanan melalui interkoneksi antar RT di mana tiap RT terdapat Poskamling yang terkoneksi satu dengan yang lain melalui grup salah satunya di RW 7 yang meraih juara Kampung Rukun & aman dalam kompetisi Kampung Hebat.

Serta juara kategori kampung sehat di RW 5 di mana warganya telah menerapkan hidup sehat dengan melibatkan karang taruna dan kader jumantik, menciptakan mesin biopori, penerapan IT dalam pengelolaan UMKM, serta menggunakan system layanan on line kelurahan (Silaker).

Menurut Hendi, sapaan akrab wali kota, Kelurahan Manghunharjo adalah salah satu wilayah di kecamatan Tembalang yang merupakan wilayah yang bergerak sangat progresif dalam 10 tahun terakhir.

Banyak terjadi pergerakan di sini dari bidang ekonomi, sosial, budaya, kemasyarakatan, bahkan kecamatan Tembalang ini mencapai populasi terbanyak ke-2 di kota Semarang.

“Apalagi setelah masuknya salah satu universitas terbaik Indonesia, Undip. Hadirnya perguruan tinggi negeri tersebut secara otomatis mendorong banyaknya perumahan, kos-kosan, serta aktivitas kuliner yang perlu pengelolaan yang baik,” ujar wali kota.

Melihat banyaknya inovasi serta potensi yang dimiliki, Hendi pun optimis bahwa kelurahan Mangunharjo akan mampu meraih prestasi terbaik dalam lomba ini.

"Saya optimis Kelurahan Mangunharjo akan mampu menjadi yang terbaik mengingat kesengkuyungan warganya di dalam membangun wilayah sudah terbukti", pungkasnya.

Sementara ketua Tim Evaluasi Pengembangan Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Tengah, Agus Suranta menyebutkan bahwa masuknya Kelurahan Mangunharjo ke dalam nominasi 3 besar lomba Kelurahan ini setelah melewati seleksi administrasi.

“Nantinya pemenang lomba kelurahan di tingkat provinsi ini akan melaju ke tingkat nasional bersama wilayah regional yang lain. Sejauh ini penilaian kami sangat baik, semoga Kota Semarang dapat kembali mendapatkan gelar juara umum seperti tahun 2018 lalu,” ujar Agus.(*)

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved