Kunjungan Wisatawan di Dieng selama Lebaran Capai 127 Ribu Orang

Seratusan ribu wisatawan mengunjungi objek wisata Dieng yang dikelola Pemerintah Kabupaten Banjarnegara

Kunjungan Wisatawan di Dieng selama Lebaran Capai 127 Ribu Orang
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Embun beku muncul di komplek candi Arjuna Dieng di awal kemarau ini. 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Seratusan ribu wisatawan mengunjungi objek wisata Dieng yang dikelola Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Objek wisata itu meliputi Candi Arjuna, Museum Kaliasa, Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Telaga Merdada dan Sumur Jalatunda.

Kepala UPT Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, selama musim libur lebaran, mulai hari pertama sampai hari kesepuluh Idul Fitri, jumlah kunjungan wisatawan di Dieng Banjarnegara mencapai 127 ribu dari data hasil penjualan tiket.

Ini sekaligus membuktikan, Dieng masih menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai daerah yang ingin menikmati masa libur lebaran.

Dari sejumlah objek wisata yang ada di Dieng, Kawah Sikidang paling banyak diserbu wisatawan selama libur lebaran.

"Wisatawan selama lebaran 127 ribu,"katanya

Aryadi mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan pada musim lebaran tahun 2019 ini lebih tinggi atau meningkat dari tahun sebelumnya. Pada lebaran 2018 lalu, tingkat kunjungan di objek wisata Dieng Banjarnegara sebanyak 94 ribu, lebih rendah dari sekarang sebanyak 127 ribu.

Kenaikan kunjungan wisatawan ini, menurut dia, dipengaruhi sejumlah hal, antara lain manajemen loket yang lebih tertata, penambahan kantong parkir oleh masyarakat, hingga bantuan berbagai unsur dalam mengatur lalu lintas jalan wisata.

Ribuan wisatawan yang berkunjung pastinya memicu kemacetan di sepanjang jalur wisata. Penambahan kantong parkir bisa ikut mengurai kepadatan volume kendaraan di jalan raya. Termasuk peran berbagai unsur dalam mengatur lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Solusi atas kemacetan ini mutlak dibutuhkan karena bisa memengaruhi tingkat kunjungan. Dari pengalaman sebelumnya, sebagian wisatawan yang terjebak kemacetan panjang di jalan memilih putar balik hingga mengurungkan niatnya menuju tempat wisata tujuan. Akibatnya, potensi kunjungan wisatawan di objek wisata Dieng pun berkurang.

Puncak keramaian pengunjung di Dieng pun lebih panjang durasinya. Pasalnya, masa libur dan cuti bersama lebaran yang beriringan dengan masa libur sekolah tahun ini lebih lama.

"Kemarin saja, Minggu, pengunjungnya 8.800,"katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved