Mahfud MD Bicara Kemungkinan Gugatan Capres 02 Bisa Dikabulkan MK meski Bersifat Kualitatif

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD memberikan penjelasan gugatan permohonan yang diajukan oleh Tim Kuasa Hukum 02 Prabowo-Sandi.

Mahfud MD Bicara Kemungkinan Gugatan Capres 02 Bisa Dikabulkan MK meski Bersifat Kualitatif
Kolase
Jokowi, Mahfud MD dan Prabowo 

TRIBUNJATENG.COM - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD memberikan penjelasan soal gugatan permohonan yang diajukan oleh Tim Kuasa Hukum 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Diketahui, pada sidang perdana di MK, Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi lebih banyak memberikan argumen yang bersifat kualitatif, Jumat (14/6/2019).

Menanggapi hal tersebut, Mahfud membicarakan soal kemungkinan gugatan yang kualitatif bisa diterima oleh MK.

"Kalau memang kemarin yang disampaikan lebih bersifat kualitatif apakah kemudian mungkin Mahkamah Konstitusi ini mengabulkan berdasarkan kualitatif?" tanya pembawa acara Metro Pagi Prime Time, Minggu (16/6/2019).

"Di dalam praktik bisa, dan banyak terjadi," ujar Mahfud.

Apakah MK, MPR atau KPU yang Menetapkan Presiden dan Wakil Presiden? Ini Jawaban Mahfud MD

Ia lalu memberikan contoh kasus yang pernah ia tangani saat menjabat sebagai Ketua MK.

Namun, menurutnya hal itu tidak mudah dikabulkan.

"Sekurang-kurangnya dalam kasus yang saya tangani ada 11 kali mengabulkan gugatan yang sifatnya kualitatif tapi itu tidak mudah ya," kata Mahfud.

"11 itu adalah dari 398 kasus, jadi ada sekian perkara hanya 11 kasus dikabulkan artinya tidak sampai 0,20 persen enggak. 0,20 persen enggak ada. Karena sulit sekali harus jelas gitu kualitatifnya gimana."

"Untuk membuktikan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif berdasarkan kualitatif itu bukti seperti apa kalau kita bicara secara nasional yang dapat diterima oleh MK?," tanya pembawa acara lagi.

Halaman
123
Editor: suharno
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved