Masih Banyak Orangtua Bingung Sistem Zonasi PPDB SMP, Seperti di Kabupaten Kendal

Hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP di Kabupaten Kendal, tak sedikit orangtua yang mengalami kebingungan.

Masih Banyak Orangtua Bingung Sistem Zonasi PPDB SMP, Seperti di Kabupaten Kendal
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Calon peserta didik mengantri mendaftar di SMP Negeri 1 Brangsong, Kabupaten Kendal, Senin (17/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP di Kabupaten Kendal, tak sedikit orangtua yang mengalami kebingungan.

Mereka bingung terhadap sistem zonasi yang membuat para calon peserta didik tidak memiliki kebebasan dalam memilih sekolah.

Murti, misalnya mengatakan sistem pendaftaran peserta didik baru tahun ini berbeda sebelumnya.

Adanya sistem zona ini membuat anaknya dibatasi untuk menempuh pendidikan di sekolah yang diinginkan.

"Sistem zonasi membuat bingung. Saya khawatir anak saya tidak dapat diterima karena anak saya di luar zona yang ditentukan sekolah," ujarnya, Senin (17/6/2019) saat mendaftarkan anaknya di SMP Negeri 1 Brangsong, Kabupaten Kendal.

Selain itu, para orangtua yang hendak mendaftarkan anaknya banyak yang mengalami kesulitan karena mereka belum memahami sistem pendaftaran online.

Sehingga banyak orangtua mendatangi sekolah tanpa melakukan pendaftaran online terlebih dahulu.

"Tidak tahu kalau sistem PPDB harus mendaftar secara online. Dari rumah langsung ke sini cuma membawa berkas-berkas lengkap," ujar Widya, orangtua siswa.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihak sekolah pun sudah menyediakan fasilitas komputer dan internet untuk membantu pendaftaran para calon peserta didik.

Para guru dan karyawan sekolah itu ikut mendampingi para calon peserta didik dalam mendaftar sekolah.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Brangsong, Sri Hardanto menjelaskan, untuk memperlancar pendaftaran, pihaknya telah menyiapkan para operator dan komputer agar para orangtua tidak mengalami kesulitan dalam mendaftakan anaknya.

"Saat ini ada tiga jalur pendaftaran yakni jalur zonasi kuota 90 persen. Dimana siswa yang diterima berdasarkan alamat siswa dalam kartu keluarga (KK) itu masuk dalam zona yang ditentukan sekolah dan diprioritaskan bagi mereka yang mendaftar lebih awal, kemudian jalur prestasi dan jalur perpindahan tugas orangtua kuotanya masing-masing 5 persen," katanya.

Pendaftaran PPDB online ini dibuka 17 Juni 2019 hingga 22 Juni 2019.

Sedangkan pengumuman penerimanan akan disampaikan pada 24 Juni 2019. (Dhian Adi Putranto)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved