Raih Rekor MURI, Bupati Hingga Kapolres Purbalingga Bacakan Berita dengan Bahasa Lokal Banyumasan

Lima tokoh di Purbalingga, terdiri empat pejabat dan seorang pemerhati Bahasa Jawa Banyumasan , secara bergantian membaca berita banyumasan

Raih Rekor MURI, Bupati Hingga Kapolres Purbalingga Bacakan Berita dengan Bahasa Lokal Banyumasan
ISTIMEWA
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi pelajari naskah berita berbahasa Banyumasan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gema Soedirman Purbalingga yang mengudara pada gelombang 96,3 FM, memfasilitasi rekaman pembacaan berita menggunakan bahasa Jawa Banyumasan dalam rangka Hari Penyiaran Nasional.

Lima tokoh di Purbalingga, terdiri empat pejabat dan seorang pemerhati Bahasa Jawa Banyumasan , secara bergantian membaca berita yang ditulis dalam Bahasa Jawa dialek Banyumasan.

"Pembacaan berita berbahasa Jawa dialek Banyumasan itu dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Hari Penyiaran Nasional ke-86 tahun 2019 yang dihelat oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah untuk versi radio dan televisi," ujar Direktur LPPL Radio Gema Soedirman Purbalingga, Catur Indinah Rahayuni di LPPL Radio Gema Soedirman Purbalingga, Senin (17/6).

Sesuai surat permohonan menjadi pembaca berita yang ditujukan kepada Forkopimda se Jawa Tengah oleh KPID, untuk pemecahan rekor versi radio dilaksanakan Selasa, 18 Juni 2019 di Studio RRI Semarang, RRI Surakarta, RRI Purwokerto dan LPP Lokal se Jawa Tengah pada pukul 08.00 – 10.00 WIB.

Menurut Catur Indinah Rahayuni, pihaknya sudah mengirimkan lima berita yang ditulis dan dibaca dalam bahasa Jawa Banyumasan dalam bentuk rekaman ke KPID Provinsi Jateng.

Pembaca berita tersebut, terdiri Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, yang membacakan berita dengan judul "Bupati Purbalingga Njaluk Pakaryan Konstruksi Aja Nganti Rendhet", Kapolres Purbalingga membacakan berita "Operasi Ketupat Candhi 2019, Angka Kacilakan Nang Purbalingga Mudhun", dan Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan pariwisata Purbalingga Yanuar Abidin, membacakan berita "Bupati Ngapresiasi Grebeg Onje Kanggo Uri-uri Budaya".

Kemudian Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Purbalingga Yonathan Eko Nugroho membacakan berita "15 Paket Tendher Gagean Ditandhatangani Kontrake", serta pemerhati Bahasa Jawa Banyumasan Prasetiyo yang juga guru Bahasa Jawa SMPN 3 Purbalingga , membacakan berita "Program Rantang Berkah, Butuh Panyengkuyunge Perangkat Desa".

Berita yang dibaca, ujar Catur Indinah, menonjolkan kearifal lokal dan kegiatan pembangunan serta kemasyarakatan terkini.

Tujuannya sebagai upaya nguri-uri Bahasa Jawa Banyumasan.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved