Satpolair Polres Pati Kawal Ketat Prosesi Sedekah Laut Lima Desa di Juwana

Rangkaian kegiatan prosesi larung sesaji dalam rangka sedekah laut Juwana tahun 2019 dilaksanakan di dermaga Desa Bendar Kecamatan Juwana Pati

Satpolair Polres Pati Kawal Ketat Prosesi Sedekah Laut Lima Desa di Juwana
ISTIMEWA
Larung sesaji dalam rangka sedekah laut Juwana tahun 2019 dilaksanakan di dermaga Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Minggu (16/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Rangkaian kegiatan prosesi larung sesaji dalam rangka sedekah laut Juwana tahun 2019 dilaksanakan di dermaga Desa Bendar Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, Minggu (16/6/2019).

Namun ada yang berbeda dari sedekah laut tahun ini karena ada lima desa yang menggelar sedekah laut secara bersamaan yaitu Desa Bendar, Bajomulyo, Kedungpancing, Bumirejo serta Trimulyo.

Nampak hadir dalam acara tersebut Bupati Pati H. Haryanto, Dandim 0718 Pati Letkol Arm. Arief Darmawan, Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Ariyanto, Wakil Bupati Pati H. Saiful Arifin serta tamu undangan lainnya.

“Rangkaian acara prosesi larung sesaji sedekah laut ini dimulai dengan kirab budaya dengan start lapangan dari Kendalisodo Desa Bendar dan diikuti dari berbagai daerah dengan menampilkan miniatur kapal dan sesaji yang akan dilarung, rombongan Seni Barong, Marching Band dari SDN Bendar, Grub Aerobics Hok'a Hok'e oleh ibu-ibu Desa Bendar serta berbagai elemen masyarakat lain,“ jelas ketua panitia H Rasmijan.

Adapun acara pokok dari sedekah laut tersebut adalah larung sesaji berupa kepala kerbau dan sesaji lainnya yang dilarung ditengah laut oleh para nelayan dengan maksud sesuai kepercayaan agar para nelayan mendapat berkah dan keselamatan dalam mencari nafkah sebagai nelayan.

Pada saat pelepasan kepala kerbau dan sesaji lainnya petugas Satpolair Polres Pati dipimpin langsung oleh KBO Satpolair Iptu Sutamto mengawal langsung dengan menggunakan Kapal Polisi IX 1024 serta tiga unit perahu karet.

“Pelaksanaan sedekah laut  ini telah menjadi kalender kamtibmas tahunan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sehingga dalam pelaksanaannya semuanya sudah tertata rapi baik rangkaian kegiatan maupun sistem pengamanannya, ” jelas Iptu Sutamto.

Ditambahkan oleh KBO Satpolair Polres Pati bahwa pihaknya juga menggandeng instansi maritim terkait seperti Pos TNI AL Juwana serta Syahbandar Juwana terkait pengamanan di sepanjang Sungai Silugonggo.

“Kami berharap dengan adanya kerjasama antar instansi maritim ini kegiatan larung sesaji dapat berjalan dengan aman dan lancar," pungkas perwira kelahiran Gunungkidul tersebut.(*)
 

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved