Sunoto Ungkap Kemungkinan Penambahan Persentase Jalur Prestasi PPDB Tingkat SMA

Aturan mengenai sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA Negeri Tahun Ajaran 2019/2020 sedang banyak diperbincangkan

Sunoto Ungkap Kemungkinan Penambahan Persentase Jalur Prestasi PPDB Tingkat SMA
ISTIMEWA
Proses Verifikasi Berkas PPDB di SMKN 1 Pati 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Aturan mengenai sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA Negeri Tahun Ajaran 2019/2020 sedang banyak diperbincangkan masyarakat.

Menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah Sunoto, banyak di antara masyarakat yang mempersoalkan aturan mengenai persentase jalur prestasi. Aturan tersebut tertuang dalam Pergub Jateng nomor 9 tahun 2019 yang merupakan tindak lanjut Permendikbud nomor 51 tahun 2018.

"Tak terkecuali di Pati. Di tengah masyarakat juga ada dinamika terkait sistem zonasi ini," terangnya, Senin (17/6/2019).

Sunoto mengatakan, sesuai Pergub yang ada, dalam PPDB SMA tahun ini, 90% penerimaan siswa diambil dari jalur zonasi, 5% jalur prestasi, dan 5% jalur kepindahan orang tua.

Menurut Sunoto, banyak masyarakat yang menganggap kuota untuk jalur prestasi terlalu sedikit.

Menanggapi masukan masyarakat, lanjut Sunoto, dalam sebuah rapat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersikap responsif dan berkeinginan jalur prestasi ditambah untuk diusulkan menjadi antara 20 sampai 25 persen.

"Kepala Dinas Provinsi Jateng diperintahkan untuk konsultasi ke kementerian. Dan pada saat rapat itu, Pak Gubernur kami dengar juga langsung menghubungi menteri pendidikan. Selanjutnya Kepala Disdik Jateng diutus untuk ke Jakarta, membahas persoalan ini," tuturnya.

Sunoto mengatakan, kemungkinan akan ada revisi Pergub yang menambah kuota jalur prestasi.

"Tapi aturan (baru) belum keluar ya. Masih berproses. Saya tidak mendahului, tapi mungkin nanti ada revisi Pergub," ucapnya.

Sunoto memperkirakan, setelah revisi, rincian persentase untuk masing-masing jalur ialah sebagai berikut.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved