Kebutuhan Data Video Streaming Paling Tinggi, Fenomena Traffic Telekomunikasi Selama Libur Lebaran

Smartfren mencatat adanya kenaikan trafik komunikasi khususnya melalui layanan streaming dan aplikasi sosial media pada libur Lebaran 2019.

Kebutuhan Data Video Streaming Paling Tinggi, Fenomena Traffic Telekomunikasi Selama Libur Lebaran
ISTIMEWA
PT Smartfren Telecom meluncurkan dua modem Wifi terbarunya yaitu Super Modem Wifi S1 bersama Haier serta Modem Wifi M6X bersama Nubia. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Lonjakan traffic jaringan seluler yang dialami Smartfren pada masa Idulfitri tahun ini mencapai angka tertinggi terutama pada layanan data video streaming.

Hal itu diungkapkan Sharizan Zaki Pondren, Head of Customer Experience and Analytic Smartfren, di kantornya, Selasa (18/5/2019).

Ia menyebut sudah lumrah setiap Ramadan dan Lebaran, operator telekomunikasi selalu mengalami kenaikan traffic data. 

"Namun khusus untuk tahun ini, Smartfren mencatat adanya kenaikan trafik komunikasi khususnya melalui layanan streaming dan aplikasi sosial media. Hal itu sesuai yang kami prediksi," terang Zaki.

Kebutuhan streaming video menjadi yang paling tinggi lalu lintasnya.

Di posisi kedua disusul layanan data untuk aplikasi sosial media dan perpesanan. 

"Kami bersyukur sepanjang Ramadan hingga selesainya Lebaran 2019, Smartfren sukses melayani dan memberikan kelancaran komunikasi bagi setiap pelanggannya,” imbuh Zaki Pondren.

Berdasarkan data yang dimiliki, mobilitas pelanggan Smartfren selama mudik dan Lebaran paling banyak terjadi di Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang. 

Ia juga menyebut, terdapat fenomena baru di tahun ini, yaitu terjadi juga peningkatan arus komunikasi dan data di sepanjang Jalan Tol Trans Jawa.

"Namun hal itu juga mampu kami antisipasi dengan menurunkan 180 mobil BTS dan 76 kontainer di sepanjang jalur tersebut. Selain itu, Smartfren juga melakukan monitoring 24 jam kali 7 hari di seluruh jalur mudik, lokasi publik, dan kota tujuan," ucapnya lebih lanjut. (Rival Almanaf)

Penulis: rival al-manaf
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved