PTSP Kantor Kemenag Kabupaten Pati Diresmikan, Haryanto: SDM Harus Benar-Benar Dipersiapkan

Bupati Pati Haryanto meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, Selasa (18/6/2019).

PTSP Kantor Kemenag Kabupaten Pati Diresmikan, Haryanto: SDM Harus Benar-Benar Dipersiapkan
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Bupati Pati Haryanto meninjau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Selasa (18/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, Selasa (18/6/2019).

Dalam sambutannya, Haryanto berpesan kepada Kepala Kantor Kemenag Pati Imron untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan melayani masyarakat dalam PTSP.

"PTSP ini tujuannya memudahkan masyarakat. Maka SDM harus dipersiapkan. Jangan justru menghambat akibat SDM tidak siap," tegasnya.

Namun demikian, Haryanto memaklumi jika pada awal peresmian mungkin ada beberapa persoalan teknis maupun nonteknis akibat belum terbiasa.

"Nanti lama-kelamaan akan menyesuaikan," ucapnya.

Selain soal kesiapan SDM, Haryanto juga menyinggung perlunya SOP (Standar Operasional Prosedur) yang jelas, terutama dalam hal estimasi waktu pengurusan perizinan.

"PTSP ini sentral, harus ada SOP. Misal ada warga mengurus akta nikah, harus diestimasi selesai dalam berapa hari. Yang jelas, semua harus dipersiapkan. Jangan sampai jadi olok-olokan di masyarakat. Namun, bagaimanapun kami menyambut baik peresmian PTSP ini," tandasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Pati Imron menjelaskan, pengadaan PTSP merupakan kebijakan Kemenag RI, dimana seluruh kantor Kemenag di Indonesia tahun ini harus sudah memilik PTSP.

Hal ini dalam rangka membuka akses pelayanan publik terkait tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kementerian agama.

"Kemenag punya sangat banyak bidang pelayanan. Kalau tidak dilakukan inovasi melalui PTSP, proses pelayanan akan lama. Alhamdulillaah, dua bulan lalu sudah kami lakukan uji publik," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved