Indosat Ooredoo Catat Lonjakan hingga 68%, Jateng Menjadi Lokasi Penggunaan Layanan Data Tertinggi

Provinsi Jateng, khususnya Semarang menjadi lokasi yang mengalami lonjakan lalu lintas data seluler tertinggi di Indonesia selama periode Lebaran 2019

Indosat Ooredoo Catat Lonjakan hingga 68%, Jateng Menjadi Lokasi Penggunaan Layanan Data Tertinggi
Istimewa
Pejabat Indosat Regional Jateng DIY berfoto bersama seusai menggelar kumpul media Ramadan di Gedung Indosat Jalan Pandanaran, Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Provinsi Jateng, khususnya Semarang menjadi lokasi yang mengalami lonjakan lalu lintas data seluler tertinggi di Indonesia selama periode Lebaran 2019.

Hal itu seperti dialami Indosat Ooredoo. Bagi operator seluler dengan produk IM3 dan Mentari Ooredoo itu, Idul Fitri tahun ini menjadi hari raya dengan lonjakan data yang tertinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk mengatakan, puncak peningkatan lalu lintas data tertinggi terjadi pada H-3 Lebaran, dengan penggunaan traffic data tertinggi terjadi di area Jateng.

Menurut dia, lonjakan data itu tercatat sebesar 40,88 persen dibandingkan dengan kondisi normal sekitar 8.997 Terabyte.
Jika dibandingkan dengan H-3 Lebaran 2018, jumlah itu melonjak hingga 68,53 persen.

"Peningkatan traffic data terutama disebabkan tingginya penggunaan aplikasi sosial media seperti Youtube, Whatsapp, Facebook, Instagram, dan mobile gaming seperti Mobile Legend dan Free Fire," katanya, Selasa (18/6).

Seiring dengan tren data digital, Turina menuturkan, penggunaan traffic voice atau telepon selama masa Lebaran mengalami penurunan sekitar 13 persen, tetapi traffic SMS mengalami peningkatan sekitar 5 persen selama H-7 sampai H+5 Lebaran dibandingkan dengan kondisi normal.

"Keberhasilan pengiriman SMS, baik itu sesama pelanggan Indosat Ooredoo maupun antar-operator mencapai lebih dari 91 persen, yang berarti tidak ada masalah signifikan, meski terjadi kepadatan jalur pengiriman antar-operator," terangnya.

Dia menambahkan, hal itu terjadi lantaran pihaknya telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi kenaikan traffic telekomunikasi yang selalu meningkat di masa-masa mudik dan perayaan Lebaran.

"Selain itu, Indosat Ooredoo juga melakukan pemantauan intensif kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), serta mengaktifkan Command Center Lebaran yang beroperasi 24 jam," jelas Turina.

Video streaming

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved