Kedua Instansi BPJS Ini Siap Sukseskan Program Jaminan Sosial di Kota Semarang

BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan memiliki tujuan yang sama, yakni memberikan perlindungan kepada masyarakat melalui Program Jaminan Sosial.

Kedua Instansi BPJS Ini Siap Sukseskan Program Jaminan Sosial di Kota Semarang
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Agus Purwono (kanan), dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda, Suwilwan Rachmat (kiri), saat melakukan proses kerja sama. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan memiliki tujuan yang sama, yakni memberikan perlindungan kepada masyarakat melalui Program Jaminan Sosial.

Program tersebut meliputi Program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan yaitu Program Jaminan Kesehatan.

Sementara Program yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, meliputi Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Jaminan Hari Tua (JHT), dan Program Jaminan Pensiun (JP).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Agus Purwono menjelaskan, sebagai badan hukum publik, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan berkewajiban untuk melakukan upaya pembinaan dan peningkatan kesadaran, serta kepatuhan dalam program jaminan sosial yang juga bekerja sama dengan instansi terkait.

Sebelumnya telah dilaksanakan perjanjian kerja sama antara BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan di tingkat pusat.

Untuk mengoptimalkan sinergi dan koordinasi dalam efektivitas Program Jaminan Sosial di wilayah Kantor BPJS Kesehatan Cabang Semarang, maka kedua instansi BPJS ini sepakat untuk melaksanakan kerjasama.

"Per 1 Juni 2019 jumlah kepesertaan JKN-KIS di wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak telah mencapai 2.846.165.

Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, maka dapat dilakukan kroscek data terutama bagi Badan usaha yang belum mendaftarkan pesertanya, baik dalam program JKN-KIS maupun Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” jelas Agus Purwono, pada Tribunjateng.com, Rabu (19/6/2019).

Dari pihak BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan, menyambut optimis perjanjian kerjasama tersebut dalam optimalisasi penyelenggaraan jaminan sosial.

Kedua belah pihak juga berkomitmen untuk melaksanakan koordinasi secara kolaboratif terkait pelaksanaan program jaminan sosial.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved