Kota Semarang Jadi Tuan Rumah Rakernas Apeksi dan Indonesia City Expo 2019 Juli Mendatang

Kota Semarang ditunjuk menjadi tuan rumah Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XIV dan Indonesia City Expo (ICE) XVII pada

Kota Semarang Jadi Tuan Rumah Rakernas Apeksi dan Indonesia City Expo 2019 Juli Mendatang
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Technical Meeting Apeksi dan ICE 2019 di Balai Kota Semarang, Rabu (19/6/2019) hari ini. (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kota Semarang ditunjuk menjadi tuan rumah Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XIV dan Indonesia City Expo (ICE) XVII pada Rabu-Minggu, 2-6 Juli 2019 mendatang.

Sebelumnya, kegiatan itu sendiri telah diluncurkan oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diany, yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Apeksi, bersama Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) di Kota Semarang pada Jumat (29/3/2019) lalu.

Berdasarkan keterangan Direktur Eksekutif Apeksi Sri Indah Wibi Nastiti, alasan pemilihan Kota Semarang sebagai tuan rumah Apeksi dan ICE kali ini adalah kesiapan dari segi anggaran, infrastruktur, fasilitas, destinasi wisata dan lain-lain.

“Sebelumnya memang Kota Palu yang terpilih untuk tahun ini, namun tentunya kota tersebut belum tentu bisa cepat pulih setelah mengalami bencana gempa waktu itu,“ ungkapnya ketika ditemui usai Technical Meeting Apeksi dan ICE 2019 di Balai Kota Semarang, Rabu (19/6/2019) hari ini.

“Pemilihan kota itu melalui proses yang banyak dan tidak bisa serta merta menunjuk,” imbuhnya.

Sebanyak 98 wali kota se-Indonesia akan hadir pada Rakernas Apeksi tersebut dan datang juga para praktisi UMKM dari berbagai daerah di Indonesia untuk memeriahkan ICE XVII.

Sementara itu, menurut Airin berdasarkan rilis yang diterima Tribunjateng.com, Rakernas Apeksi diharapkan dapat menumbuhkan inisiatif dan inovasi baru serta membawa perubahan bagi pemerintah kota dalam pembangunan infrastruktur maupun pemgembangan kerjasama antar daerah.

Hendi sendiri yang mewakili masyarakat Kota Semarang mengaku merasa bangga dapat memperoleh kepercayaan menjadi tuan rumah pelaksanaan event yang melibatkan pemerintahan di berbagai kota di Indonesia.

“Mudah-mudahan kegiatan Rakernas Apeksi dan ICE di Kota Semarang dapat berjalan lancar dan sukses mengikuti kota sebelumnya,” ungkapnya.

Rakernas Apeksi XIV akan diselenggarakan di Grand Ball Room PO Hotel Semarang pada 3-4 Juli.

Sedangkan, ICE XVII yang bertempat di Simpanglima Semarang diselenggarakan pada 3-6 Juli.

Yang menarik, kegiatan itu juga bertepatan dengan Semarang Night Carnival (SNC) 2019 yang memperingati HUT ke-472 Kota Semarang.

Sebagai informasi, SNC akan diikuti oleh sekitar 3000 peserta kesenian yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Sebelum pembukaan yang dijadwalkan akan dilaksanakan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 3 Juli, para tamu akan disambut oleh para pejabat eselon II untuk kemudian melakukan welcome dinner pada Selasa (2/6/2019) malam harinya.

Selain Rakernas, ICE dan SNC, terdapat juga sejumlah rangkaian acara lain seperti penanaman pohon di Hutan Wisata Tinjomoyo, Ladies Program, Pemilihan Stan Pemkot Terbaik, hiburan musik dan lain-lain. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved