17 SMP Negeri di Kendal Masih Kekurangan Calon Peserta Didik

17 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kabupaten Kendal masih kekurangan siswa dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP tahun ini.

17 SMP Negeri di Kendal Masih Kekurangan Calon Peserta Didik
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Calon peserta didik mengantri mendaftar di SMP Negeri 1 Brangsong, Kabupaten Kendal, Senin (17/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - 17 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kabupaten Kendal masih kekurangan siswa.

Sejak dibuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP hingga Kamis (20/6/2019) siang, kuota 17 SMP itu belum terpenuhi.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal Parno mengatakan, 17 sekolah itu yakni, SMP Negeri 4 Cepiring, SMP Negeri 2 Pageruyung.

Lalu SMP Negeri 2 Patean, SMP Negeri 1 Sukorejo, SMP Negeri 3 Plantungan, SMP Negeri 3 Kendal, SMP Negeri 3 Patean, SMP Negeri 3 Cepiring, SMP Negeri 2 Sukorejo, dan SMP Negeri 3 Boja.

Sekolah selanjutnya yakni SMP Negeri 2 Patebon, SMP Negeri 2 Gemuh, SMP Negeri 3 Sukorejo, SMP Negeri 3 Patebon, SMP Negeri 2 Cepiring, SMP Negeri 1 Kangkungm dan SMP Negeri 1 Patebon.

"Kekurangannya bermacam-macam. Mulai dari 10 sampai 70. Tapi jumlahnya mulai berkurang karena proses pendaftaran masih berjalan," ujarnya.

Ia mengatakan, pendaftaran PPDB masih dibuka hingga 22 Juni 2019 pukul 23.59.

Sehingga masih ada peluang untuk kuota siswa sekolah tersebut dapat terisi.

"Kuota SMP negeri di Kendal ada 8.800 siswa untuk Tahun Ajaran 2019/2020. Sedangkan lulusan SD tahun ini sebanyak 13.260 siswa. Bisa menggunakan jalur prestasi karena ada kuota 5 persen," katanya.

Sementara itu, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Disdikbud Kabupaten Kendal, Syahban Siantoro mengatakan, cara untuk pemenuhan kuota sekolah yang kekurangan siswa yakni melalui limpahan dari SMP yang kelebihan pendaftar.

‘’Seperti kelebihan pendaftar dari SMP Negeri 2 Kendal bisa dilimpahkan ke SMP Negeri 1 Kendal, SMP Negeri 3 Kendal, maupun SMP negeri lainnya yang masih berdekatan,’’ tuturnya. (Dhian Adi Putranto)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved