Ada Empat Gugatan Pilkades Serentak Kabupaten Brebes, Terkait Dugaan Money Politic

Hingga batas akhir pengaduan, Rabu (19/6/2019), ada empat aduan atau gugatan. Keempatnya mengadukan adanya dugaan money politic dalam pilkades.

Ada Empat Gugatan Pilkades Serentak Kabupaten Brebes, Terkait Dugaan Money Politic
Istimewa
Saat Bupati Brebes Idza Priyanti memantau pelaksanaan Pilkades di beberapa desa yang menggelar pilkades serentak di Kabupaten Brebes, Minggu (16/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang I Kabupaten Brebes telah digelar Minggu (16/6/2019).

Dari 148 desa yang menggelar pilkades, pelaksanaan di empat desa di antaranya memperoleh gugatan.

Gugatan hasil pilkades diajukan calon Kades yang gagal memenangi kontestasi tersebut.

Yaitu di Desa Benda Kecamatan Sirampog, Desa Blandongan Kecamatan Banjarharjo, Desa Wanareja Kecamatan Sirampog, dan Desa Kemurang Kulon Kecamatan Tanjung.

"Hingga batas akhir pengaduan, Rabu (19/6/2019), ada empat aduan atau gugatan. Keempatnya mengadukan adanya dugaan money politic dalam pilkades," kata Plt Kabag Pemdes Setda Kabupaten Brebes, Laode Vindar Aris Nugroho, Kamis (20/6/2019).

Hanya saja, satu di antara gugatan tersebut sedianya akan dicabut.

Yaitu gugatan di Desa Kemurang Kulon.

Alasannya, calon Kades yang mengajukan gugatan masih mempunyai hubungan keluarga dengan Kades terpilih.

"Tim Pemdes akan datang ke Desa Kemurang Kulon untuk menanyakan terkait pencabutan gugatan itu. Alasan utama pencabutan, lantaran cakades yang kalah (penggugat--red), masih ada ikatan saudara dengan cakades menang," paparnya.

Dengan selesainya batas waktu pengajuan gugatan Pilkades yaitu tiga hari usai pemilihan, katanya, untuk tahapan selanjutnya Pemkab melalui Bagian Pemdes Setda Kabupaten Brebes akan melakukan rapat terbatas dengan para calon Kades yang mengajukan gugatan.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved