ASEAN School Games 2019 di Semarang Pakai Maskot Warak Ngendog, Ini Artinya Kata Wali Kota Hendi

Kota Semarang akan menjadi tuan rumah gelaran ASEAN School Games (ASG) 2019 pada 17-25 Juli mendatang.

ASEAN School Games 2019 di Semarang Pakai Maskot Warak Ngendog, Ini Artinya Kata Wali Kota Hendi
ISTIMEWA
Kota Semarang akan menjadi tuan rumah gelaran ASEAN School Games (ASG) 2019 pada 17-25 Juli mendatang. Logo Warak Ngendhog 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kota Semarang akan menjadi tuan rumah gelaran ASEAN School Games (ASG) 2019 pada 17-25 Juli mendatang.

ASG sendiri merupakan ajang olahraga tahunan untuk sekolah-sekolah tinggi yang berada di kawasan Asia Tenggara di bawah kewenangan Dewan Olahraga Sekolah ASEAN (ASSC).

Lantaran kompetisi tersebut kali ini digelar di Kota Semarang, maka Si Warak dipilih sebagai maskotnya.

“Si Warak merupakan hasil adaptasi dari ikon Kota Semarang Warak Ngendog yang menjadi maskot ASG 2019,” ungkap Hendi kepada Tribunjateng.com, Kamis (20/6/2019).

“Warak Ngendog sendiri merupakan sebuah boneka atau patung yang menjadi simbol dari persatuan tiga etnis di budaya yang ada di Kota Semarang, yaitu Jawa, China dan Arab, yang hidup berdampingan secara harmonis,” imbuhnya.

Nilai historis tersebut menginspirasi tagline ASG 2019, yakni Persatuan (Unity), Semangat Sportifitas (Spirit) dan Persahabatan (Respect).

Sebelumnya, Hendi dan pihaknya telah mempersiapkan sejumlah venue yang dipakai nanti, seperti GOR Tri Lomba Juang, tempat olahraga di Unnes dan lain-lain yang telah melalui proses checking dan dianggap layak.

Diperkirakan sekitar 3000 orang termasuk atlet dan official crew dengan berbagai jenis cabang olahraga akan turut berkompetisi di Kota Semarang.

Ajang ASG 2019 tersebut diikuti sebanyak sepuluh negara peserta di ASEAN, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Brunai Darussalam, Laos, Filipina, Singapura dan Indonesia.

Para atlet yang bertanding yaitu para pelajar dengan umur di bawah 18 tahun.

Terdapat sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingan, yaitu atletik, bola basket, tenis meja, bola voli indoor, tenis lapangan, sepak takraw, renang, bulu tangkis, dan pencak silat. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved