Eko Ungkap Korporasi Bidang Kesehatan Pertama di Indonesia Ada di Pati

klinik berbasis BUMDes yang modalnya dikumpulkan dari gabungan pemerintah desa tersebut merupakan bentuk implementasi nawacita

Eko Ungkap Korporasi Bidang Kesehatan Pertama di Indonesia Ada di Pati
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas Ditjen PKP Kemendes PDTT Eko Sri Haryanto ketika menghadiri peresmian Klinik Pratama Bumdes Sehat di Jalan Panunggulan Kecamatan Pati, Kamis (20/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan (Ditjen PKP) Kemendes PDTT Eko Sri Haryanto mengaku bangga ketika menghadiri peresmian Klinik Pratama Bumdes Sehat di Jalan Panunggulan Kecamatan Pati, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, Klinik Pratama BUMDes Sehat tersebut merupakan korporasi dalam bidang kesehatan pertama di Indonesia yang berbasis desa.

"Jika korporasi desa dalam bidang pertanian pertama ada di Sukabumi, kesehatan di Pati," ungkapnya.

Klinik tersebut merupakan satu di antara unit usaha yang dikelola BUMDes Bersama Mandiri Sejahtera.

Menurut Eko, klinik berbasis BUMDes yang modalnya dikumpulkan dari gabungan pemerintah desa tersebut merupakan bentuk implementasi nawacita, dalam hal membangun Indonesia dari desa.

"Afirmasi untuk itu adalah bagaimana kita mulai memberdayakan dan mempercayakan program pembangunan pada desa dalam bentuk Dana Desa," ucapnya.

Bagi Eko, dalam menunjang pembangunan negara, desa memiliki kekuatan dalam prinsip gotong-royong dan mufakat.

"Kekuatan kita adalah kekuatan dialog. Bagaimana mempersatukan dialog menjadi tujuan untuk masyarakat. Maka, kita patut bersyukur sudah membuat satu kesatuan niat bersekutu, berkorporasi dalam satu wadah bernama Bumdes Sehat," ungkapnya.

Menurut Eko, pendirian Klinik Bumdes Sehat juga merupakan bagian penting dalam pemenuhan dua di antara kebutuhan dasar manusia, yakni kesehatan dan pendidikan.

"Jika sehat, masyarakat menjadi cerdas dan SDM (Sumber Daya Manusia) membaik. Jika SDM membaik, sumber daya alam dan sumber daya lain yang kita miliki dapat dikelola dengan baik dan ditingkatkan nilainya," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved