Jurnal Studi Islam IAIN Salatiga Berpredikat Terbaik Indonesia Versi SJR

Zakiyyuddin menjelaskan semakin tinggi nilai SJR berarti jurnal tersebut semakin berkualitas dan memiliki reputasi tinggi secara internasional.

Jurnal Studi Islam IAIN Salatiga Berpredikat Terbaik Indonesia Versi SJR
Tribunjateng.com/M Nafiul Haris
Rektor IAIN Salatiga Prof Dr Zakiyuddin Baidhawy. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Jurnal Studi Islam IAIN Salatiga atau Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) yang dikelola Pascasarjana IAIN Salatiga berhasil menjadi jurnal pertama di Indonesia yang dapat menembus The Best Quartile 1 (Q1) di Scimago Journal Rank (SJR) untuk bidang religious study.

Rektor IAIN Salatiga Prof Dr Zakiyuddin Baidhawy mengatakan, predikat jurnal studi Islam terbaik versi SJR merupakan berkah tersendiri bagi IAIN Salatiga.

"Scimago Journal Rank (SJR) merupakan portal yang menampilkan berbagai jurnal ilmiah dunia dan menjadi indikator menilai kualitas suatu jurnal di bidangnya berdasarkan tinggi jumlah sitasi dan kualitas rujukan yang digunakan oleh jurnal tersebut," terangnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (20/6/2019).

Zakiyyuddin menjelaskan, semakin tinggi nilai SJR berarti jurnal tersebut semakin berkualitas dan memiliki reputasi tinggi secara internasional.

Informasi yang digunakan SJR diperoleh dari Scopus agar meraih Q1, nilai SJR IJIMS harus mencapai 0.16.

Ia menerangkan, IJIMS adalah jurnal khusus dalam bidang kajian Islam yang memuat tulisan bertema ke-Islaman.

Baik sebagai tradisi tekstual maupun realitas historis sosial dan selalu dinamis mengikuti perkembangan zaman.

"Jurnal ini ditujukan untuk menjembatani gap antara pendekatan tekstual dan kontekstual dalam studi Islam dan memecahkan dikotomi antara ortodoksi dan heterodoksi," katanya.

Dikatakannya, IJIMS mengundang para penulis di seluruh penjuru dunia dari berbagai bidang disiplin ilmu untuk melakukan kajian Islam.

Sejak terbit kali pertama pada 2011-2019 IJIMS telah berhasil mempublikasikan 17 edisi dengan sebaran penulis dari dalam dan luar negeri.

Rektor IAIN berharap, capaian awal ini menjadi semangat bagi para pengelolanya untuk semakin meningkatkan kualitasnya sebagai jurnal ilmiah yang bereputasi internasional di Bidang Studi Islam. (M Nafiul Haris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved