Polres Banyumas Kerahkan Truk Water Cannon, Bantu Warga Kekeringan di Banyumas

Polres Banyumas, mengerahkan mobil 'Water Cannon' untuk menyalurkan air bersih kepada warga di Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas

Polres Banyumas Kerahkan Truk Water Cannon, Bantu Warga Kekeringan di Banyumas
Tribunjateng.com/Permata Putra Sejati
Polres Banyumas, mengerahkan mobil Water Cannon untuk menyalurkan air bersih kepada warga Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas pada Jumat (21/6/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Polres Banyumas, mengerahkan truk 'Water Cannon' untuk menyalurkan air bersih kepada warga di Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas pada Jumat (21/6/2019).

Kendaraan taktis yang biasa digunakan menghalau massa jika terjadi keributan dan kerusuhan digunakan untuk membantu menyalutkan air bersih di sejumlah rumah warga.

"Notabene warga di Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas sedang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Oleh karena itu, kami dari jajaran kepolisian membantu mendrop pasokan air bersih menggunakan water cannon," ujar Kasat Sabhara Polres Banyumas, AKP Supriyanto kepada Tribunjateng.com, Jumat (21/6/2019).

Supriyanto mengatakan jika jumlah atau kapasitas air bersih yang disalurkan sebesar 7.000 liter atau 7 ton air bersih. Sementara kedepannya bantuan akan terus dilakukan untuk memenuhi permintaan warga-warga yang merasa kekurangan air bersih.

Sebab ada daerah lain di Kabupaten Banyumas yang sama-sama dilanda kekeringan seperti di Kecamatan Sumpiuh, dan Kecamatan Tambak.

"Water Cannon ini sebenarnya untuk pengendalian massa, namun demikian dengan situasi seperti ini kita manfaatkan," tambahnya.

Sementara itu Kepala Desa Kediri Kusto mengatakan sangat terbantu dengan adanya bantuan air bersih dari Polres Banyumas.

Mengingat Desa Kediri, Kecamatan Karanglewas adalah salah satu daerah di Kabupaten Banyumas yang menjadi langgangan kekeringan.

"Daerah kami memang sudah langganan setiap tahun mengalami kekeringan. Ada kurang lebih 6 RT yang mendapatkan bantuan. Sebelum puasa dan saat puasa sempat juga mendapat bantuan dari BPBD," ujar Kusto.

Kusto dan warga-warga di Desa Kediri juga sempat mengharapkan adanya bantuan untuk pembuatan sumur bor. Hal itu dilakukan sebagai upaya menggali sumber air baru, dan tempat penampungan air.

Kegiatan droping air bersih menggunakan mobil water cannon juga merupakan momentum dalam rangka hari jadi Bhayangkara yang ke-73.

Setelah sebelumnya sempat melaksanakan kerja bakti dan donor darah, hari ini pihak Polres Banyumas membantu meringankan beban masyarakat yang sedang dilanda kekeringan dengan menyalurkan air bersih. (Tribunjateng/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved