Siswa SMP Negeri 3 Mranggen Kunjungi Kantor Tribun Jateng: Apa Saja yang Bisa Menjadi Berita, Pak?

Berita yang layak terbit di koran maupun tayang di online, adalah peristiwa yang memenuhi nilai-nilai berita atau news value.

Siswa SMP Negeri 3 Mranggen Kunjungi Kantor Tribun Jateng: Apa Saja yang Bisa Menjadi Berita, Pak? - smp-negeri-3-mranggen-1.jpg
TRIBUN JATENG
Pj News Manager Tribun Jateng, Iswidodo menjelaskan proses pembuatan berita hingga layak muat di koran kepada puluhan siswa SMP Negeri 3 Mranggen. Jumat (21/6/2019), didampingi belasan guru, mereka kunjungi kantor Tribun Jateng Jalan Menteri Supeno Nomor 30 Kota Semarang dalam program Pendidikan Luar Sekolah.
Siswa SMP Negeri 3 Mranggen Kunjungi Kantor Tribun Jateng: Apa Saja yang Bisa Menjadi Berita, Pak? - smp-negeri-3-mranggen-2.jpg
TRIBUN JATENG
Pj News Manager Tribun Jateng, Iswidodo berfoto bersama siswa dan guru SMP Negeri 3 Mranggen di halaman Kantor KG Jalan Menteri Supeno Nomor 30 Kota Semarang, Jumat (21/6/2019).

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sejumlah murid SMP Negeri 3 Mranggen, Kabupaten Demak tampak antusias menyimak pemaparan tentang koran Tribun Jateng dan website Tribunjateng.com oleh Iswidodo, Pj News Manager.

Sedangkan belasan guru disambut Catur Waskito Edy, editor Tribunjateng.com dan berdiskusi mengenai berita online.

"Pak, apa saja berita atau kejadian yang layak dimuat di koran Tribun?" tanya siswi SMP Negeri 3 Mranggen yang juga Ketua OSIS di sekolah tersebut, sesaat setelah mendapat pemaparan.

Terlihat para siswa antusias ingin mengetahui proses pembuatan berita hingga menjadi koran.

Kemudian pertanyaan itu dijelaskan secara singkat, berita yang layak terbit di koran maupun tayang di online, adalah peristiwa yang memenuhi nilai-nilai berita atau news value.

Secara singkat dijelaskan Iswidodo, berita adalah peristiwa baru atau aktual yang mengandung nilai-nilai berita, yaitu peristiwa aktual, penting, menarik, informatif, menghibur, human interest, unik, mengandung unsur kedekatan.

Sehingga atas pertimbangan nilai nilai berita tersebut, redaktur atau editor memilih dan memilah mana berita yang akan ditayangkan.

"Terima kasih atas pemaparan dan penerimaan ini semoga anak-anak makin bisa mengelola majalah sekolah. Dan kami para guru juga bisa semangat lagi menulis artikel," kata Wakil Kepala Bagian Kesiswaan SMP Negeri 3 Mranggen, Hery Sarwanto.

Rombongan SMP Negeri 3 Mranggen yang terdiri dari 14 dan 20 siswa kelas 7 maupun 8 mengunjungi Kantor Redaksi Tribun Jateng di Gedung KG Semarang, Jalan Menteri Supeno Nomor 30 Kota Semarang, Jumat (21/6/2019) pagi.

Tujuan kunjungan untuk memberikan pengalaman kepada siswa siswi di bidang jurnalistik.

Halaman
123
Penulis: iswidodo
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved